Kamis, 05 April 2018 - 23:50:39

NASA Kembangkan Pesawat Supersonik Bersuara Pintu Mobil

    Anggre Dwie Hits : 14976    

CNN Indonesia


PEKANBARU, RIAUAKSI.COM -- Lembaga antariksa Amerika Serikat, NASA, tengah menciptakan pesawat supersonik jenis baru. Pesawat supersonik baru ini dirancang menghasilkan bising yang tak lebih dari dentum pintu mobil saat ditutup.

NASA menggandeng Lockheed Martin dalam produksi pesawat supersonik yang dinamai X-Plane. Tujuan dari produksi pesawat canggih ini tak lain untuk memotong waktu perjalanan udara menjadi setengahnya saja.

"Ini akan membuka pintu baru bagi perusahaan perakit pesawat, memudahkan penumpang bepergian ke mana pun di dunia dengan waktu yang terpangkas hingga setengahnya," tulis perwakilan Lockheed Martin seperti dikutip dari Forbes, Selasa (3/4).



X-Plane dirancang dapat meluncur dengan kecepatan sekitar 1.512 km/jam di ketinggian 17.000 meter. Level suara yang diihasilkan pesawat ini 75 Perceived Level decibel (PLdb) atau setara bunyi pintu mobil yang ditutup.

Faktor kebisingan tadi menjadi pembeda dari pesawat supersonik yang pernah ada sebelumnya. Sejumlah negara melarang penerbangan pesawat supersonik di langitnya karena suara yang dihasilkan terlalu keras. 

Proyek NASA bersama Lockheed Martin ini sejatinya adalah proyek eksperimen. Produksi X-Plane ini pada akhirnya akan dijadikan alat untuk memperoleh level kebisingan pesawat supersonik yang bisa diterima kuping masyarakat.

Demi proyek ini, NASA mengucurkan dana hingga US$247,5 juta untuk membiayai kontrak dengan Lockheed Martin. Produksi X-Plane ditargetkan rampung pada 2021 dan akan diuji coba setahun kemudian.

Sebagai percobaan, X-Plane akan diterbangkan di atas kota-kota AS. Dari percobaan terbang itu, NASA akan mengumpulkan tanggapan masyarakat setempat.


    Category : Teknologi    
    Tags        :    
    Sumber  : CNN Indonesia


0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 








  Terkini  



  Most Popular  



  Teknologi  




iPhone SE 2, Akan Rilis Tahun Ini

  Ekonomi Bisnis  




Perbankan Indonesia Disarankan Tiru "Gaya" Fintech