Kamis, 26 April 2018 - 10:30:37

Air Terjun Busa Bondowoso, Bercampur Belerang Kawah Ijen

    Michael B. Bara Hits : 18817    

liputan6.com


BILA,Riauaksi.com - mendengar tentang Bondowoso mungkin yang langsung Anda ingat adalah legenda Candi Prambanan.

Dalam legenda tersebut diceritakan jika Bandung Bondowoso tidak berhasil memenuhi permintaan gadis pujaan hatinya, Roro Jonggrang untuk membuat 1000 candi dalam waktu satu malam. Namun kali ini bukan legenda tersebut yang akan dibahas.

Kali ini  akan membahas mengenai Bondowoso sebagai salah satu kabupaten di Jawa Timur. Tahukah Anda bila di kabupaten tersebut terdapat objek wisata yang sangat indah? Salah satu yang menarik untuk dikunjungi adalah Air Terjun Busa.

Sesuai dengan namanya, air terjun yang berada di Kalianyar, Sempol ini memiliki keunikan dimana air belerang yang jatuh dari ketinggian tebing terlihat seperti gumpalan busa.

Hal itu dikarenakan air yang berasal dari Danau Kawah Ijen tersebut tercampur dengan belerang. Tak sedikit wisatawan yang datang berkunjung untuk melihat langsung fenomena yang tidak biasa itu.

Namun tak seperti air terjun pada umumnya, di dasar tebing tidak ada kolam yang bisa digunakan untuk bermain air. Selain itu wisatawan juga tidak disarankan untuk membilas tubuh dengan air terjun yang tercampur belerang karena bisa membuat mata dan luka terasa perih.

Walau begitu, wisatawan tetap bisa menikmati eksotisnya tebing air terjun. Belum lagi pemandangan alam di sekitarnya yang memanjakan mata.

Beberapa area juga bisa dimanfaatkan oleh wisatawan sebagai spot foto karena latar belakangnya yang menawan. Selain itu, banyak wisatawan yang datang ke air terjun ini bersama keluarga untuk menghabiskan waktu dengan berkumpul.

Ya, kawasan air terjun memang terbilang cukup luas. Fasilitas yang dapat ditemukan wisatawan di objek wisata tersebut antara lain warung makan, toilet umum, dan area parkir.

Untuk masuk ke air terjun ini pun biayanya cukup terjangkau. Bagi Anda yang tertarik mengunjungi Air Terjun Busa, ambillah rute menuju Kawah Ijen dari Bondowoso.

Air terjun berada di kawasan Afdeling Watu Capil, posisinya cukup tersembunyi di balik permukiman warga namun terlacak oleh aplikasi peta di ponsel. Sesampainya di kawasan air terjun, wisatawan perlu berjalan kira-kira satu kilometer. Jangan lupa untuk membawa masker bila tidak tahan menyium aroma belerang.


    Category : Internasional    
    Tags        : #internasional    
    Sumber  : liputan6.com


    0 Komentar :



    Isi Komentar :
    Nama :
    Website :
    Komentar
     
     (Masukkan 6 kode diatas)

     








      Terkini  



      Most Popular  



      Teknologi  




    Satelit Merah Putih Resmi Mengorbit

      Ekonomi Bisnis  




    BEI perbarui sistem perdagangan dengan JATS NextG