Sabtu, 05 Mei 2018 - 12:12:02

Ada Beberapa Cara agar BBM Tetap Hemat meski Pakai AC

    Riau Aksi Hits : 26113    

liputan6.com


Jakarta,Riauaksi.com - Tak sedikit pemilik mobil yang tidak mengetahui sistem kerja AC (air conditioning). Padahal, boros tidaknya BBM mobil bisa disebabkan penggunaan AC secara kurang tepat.

Bila kita tahu, pasti BBM bisa lebih hemat dari sebelumnya. Hanya butuh sedikit pengorbanan agar AC tidak bekerja berat sehingga mengurangi konsumsi BBM mobil.

Dengan menyalakan AC secara terus-menerus maka sistem kinerja komponen AC akan bekerja ekstra. Itu yang harus dikurangi.

Menurut situs bengkel AC Rotary Bintaro, ada sejumlah tips jitu untuk menyiasati penggunaan BBM secara berlebih, antara lain:

1. Muatan Mobil

Dengan mengurangi banyaknya muatan yang akan diangkut oleh mobil. Karena terlalu banyak muatan akan membuat mobil memikul beban yang lebih berat, sehingga kinerja mesinnya pun bertambah dan membutuhkan tenaga bensin yang lebih banyak.

2. Tempat Parkir

Usahakan untuk memarkirkan mobil di tempat yang teduh. Memarkirkan mobil di tempat yang terlalu panas otomatis akan membuat kabin juga panas, sehingga AC bekerja lebih keras untuk menurunkan suhu di kabin.

Alhasil, bensin yang dibutuhkan pun semakin banyak.

3. Manfaatkan Udara Sekitar

Mengurangi pemakaian AC mobil. Pemakaian AC yang terlalu sering tentu akan memakan BBM dalam jumlah yang banyak.

Manfaatkan angin sepoi-sepoi yang ada di alam terbuka untuk menyejukkan kabin mobil, sekaligus untuk menghemat pengeluaran. Lagi pula, udara di alam terbuka terasa lebih sejuk dibandingkan AC mobil. Apalagi udara pada pagi hari.

Pengurangan penggunaan AC membuat BBM dapat dihemat.

4. Rajin Servis AC

Melakukan servis AC mobil secara rutin. Apabila salah satu komponen AC bocor atau kempos, AC mobil pun harus segera diperbaiki.

Efek dari rendahnya performa AC turut berimbas pada besarnya tenaga yang disalurkan mesin ke sistem AC. Banyaknya tenaga jelas membutuhkan BBM yang lebih banyak.


    Category : Teknologi    
    Tags        : #teknologi    
    Sumber  : liputan6.com


    0 Komentar :



    Isi Komentar :
    Nama :
    Website :
    Komentar
     
     (Masukkan 6 kode diatas)

     








      Terkini  



      Most Popular  



      Teknologi  




    Mitsubishi Xpander di Semester Pertama 2018 Rajai Wholesales Tanah Air

      Ekonomi Bisnis  




    BEI perbarui sistem perdagangan dengan JATS NextG