Senin, 07 Mei 2018 - 15:05:39

BEI perbarui sistem perdagangan dengan JATS NextG

    Michael B. Bara Hits : 51649    

kontan.co.id


JAKARTA. Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan pemutakhiran sistem perdagangan efek Jakarta Automated Trading System Next Generation (JATS NextG) pada Senin (7/5). Aktualisasi sistem perdagangan efek tersebut meliputi pemindahan pusat data perdagangan efek (data center) dari gedung perkantoran ke gedung khusus data center dengan spesifikasi tier 3. 

Penerapan JATS NextG ini menggunakan aplikasi sistem perdagangan X-stream INET yang telah diimplementasikan di beberapa bursa lainnya di dunia. Sistem JATS NextG BEI akan memiliki peningkatan kapasitas order dan transaksi dari semula 5 juta order dan 2,5 juta transaksi per hari menjadi 15 juta order dan 7,5 juta transaksi per hari.

Selain itu, kecepatan transaksi perdagangan saham BEI meningkat dari sebelumnya 4.000 order per detik, menjadi 12.500 order per detik. “Per sesi 1 sudah ada 246.000 data transaksi, padahal average per hari 386.000 transaksi,” kata Tito Sulistio, Direktur Utama BEI, di Jakarta, Senin (7/5). 

Tito mengaku sempat deg-degan dalam memulai uji coba mesin baru tersebut. Namun, akhirnya proses aktivasi pemindahan berjalan dengan lancar. Dia menyatakan, ke depannya proses transaksi akan disesuaikan pada tempat yang baru. Menurutnya, jarak lokasi BEI dengan data center itu sekitar 6 kilometer. “Kami ingin fokuskan lokasi bursa saat ini (SCBD) sebagai workshop dan front office kami,” ujarnya. 

Guna memastikan pemutakhiran sistem JATS NextG berjalan baik, BEI telah melakukan 24 kali pengujian sistem secara menyeluruh bersama Anggota Bursa, Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI), Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) dan perusahaan penyedia data perdagangan efek. 

Pemutakhiran sistem perdagangan tersebut, merupakan salah satu langkah dalam mencapai visi BEI sebagai bursa yang kompetitif dengan kredibilitas tingkat dunia. 

Sebagai informasi, sistem otomasi perdagangan di BEI pada mulanya diterapkan dengan sistem komputer JATS (Jakarta Automated Trading Systems) pada 22 Mei 1995. Kemudian, demi menjawab tantangan untuk bangkit dari krisis global, maka pada awal 2009, BEI meluncurkan sistem perdagangan baru bernama JATS NextG yang berkapasitas 1 juta order dan 500.000 transaksi per hari dan mampu menangani multi products dalam single platform. 

Kemudian, kapasitas sistem perdagangan JATS NextG terakhir dikembangkan dan disempurnakan kembali pada 2012 untuk mengakomodasi sebanyak lima kali lipat jumlah order dan transaksi dibandingkan kapasitas sebelumnya.


    Category : Ekonomi Bisnis    
    Tags        : #Ekonomi Bisnis    
    Sumber  : kontan.co.id


    0 Komentar :



    Isi Komentar :
    Nama :
    Website :
    Komentar
     
     (Masukkan 6 kode diatas)

     








      Terkini  



      Most Popular  



      Teknologi  




    Satelit Merah Putih Resmi Mengorbit

      Ekonomi Bisnis  




    BEI perbarui sistem perdagangan dengan JATS NextG