Rabu, 11 Juli 2018 - 10:40:04

Empat Puskesmas Rawat Inap di Kuansing Sudah Terakreditasi

    Habibi Muthalib Hits : 1    

Fokusriau.com


KUANSING,Riauaksi.com -Dinas Kesehatan Kabupaten Kuantan Singingi, Riau terus berupaya memberikan layanan maksimal kepada masyarakat. Salah satu langkah yang dilakukan dengan meningkatkan pengawasan dan kualitas terhadap seluruh Puskesmas yang ada di Kota Jalur tersebut.

"Alhasil, tahun 2017 sudah empat Puskesmas Rawat Inap yang berhasil meraih akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia," kata Kepala Dinas Kesehatan dr. Reza melalui Kabid Pelayanan Kesehatan Edy Surya SKM, M.Kes, Selasa (10/7/2018) di Teluk Kuantan.

Dengan peningkatan status akreditasi yang kini disandang Puskesmas, tentu selain harus bisa mempertahankannya juga terus berupaya memperbaiki layanan kepada masyarakat. Sebab, tiga tahun ke depan akan ada evaluasi berkala yang dilakukan Kementrian Kesehatan.
 
 
"Untuk Puskesmas Rawat Inap Logas Tanah Darat sudah memperoleh Akreditasi Madya, Puskesmas Teluk Kuantan, Gunung Toar dan Puskesmas Benai berhasil meraih Akreditasi Dasar. Hal ini harus terus dipertahankan bahkan terus ditingkatkan," ujarnya.

Dikatakan, akreditasi Puskesmas merupakan salah satu alat dalam mengukur kualitas pelayanan dari Puskesmas dan mendapatkan pengakuan formal yang diberikan oleh Badan Akreditasi terhadap kompetensi Puskesmas bersangkutan sesuai dengan Permenkes Nomor 46 Tahun 2015.

Saat ini, kata Edy, masih ada beberapa kendala yang dihadapi Puskesmas tersebut, meski sudah terakreditasi. "Kondisi tersebut sudah kita laporkan kepada Kementerian Kesehatan. Kendala dimaksud menyangkut persoalan tenaga profesional dokter gigi, tenaga farmasi dan tenaga kesehatan lainnya. Semoga dalam masa dekat akan ada perekrutan ASN bidang kesehatan," harapnya.

Sementara itu, untuk persoalan alat kesehatan sekarang Puskesmas tersebut sangat membutuhkan incinerator atau alat penghancur limbah medis. Mendesaknya kebutuhan ini juga sudah disampaikan kepada Pemerintah Pusat dan Provinsi. "Diharapkan akan ada bantuan melalui APBN, APBD Provinsi Riau, APBD Kabupaten Kuansing ataupun Bantuan keuangan dari Provinsi Riau. Karena keberadaan Inconerator tersebut sangat penting," ujar Edy.
 
 
 
 
Di sisi lain, dengan adanya Puskesmas yang sudah terakreditasi tentu akan menjadi beban moril tersendiri. Sebab, jangan sampai dengan kualitas yang mulai membaik dan membuat jumlah pasien yang berobat meningkat, akan membuat manajemen Puskesmas keteteran. 

Makanya, Dinas Kesehatan sudah menyiapkan sejumlah langkah untuk bisa memudahkan Puskesmas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Namun yang paling penting, menurut Edy, langkah yang diambil Dinas Kesehatan melakukan sosialisasi tentang cara hidup sehat dan bersih menjadi lebih penting. 

"Sebab, bila masyarakat mengerti tentang pentingnya hidup sehat, tentu kuantitas kunjungan pasien akan menjadi turun. Secara tidak langsung, hal itu menjadi salah satu indikator kualitas kesehatan masyarakat teah membaik," tukasnya.

    Category : Riau    
    Tags        : #kuansing,#Prov Riau    
    Sumber  : Fokusriau.com


    0 Komentar :



    Isi Komentar :
    Nama :
    Website :
    Komentar
     
     (Masukkan 6 kode diatas)

     








      Terkini  



      Most Popular  



      Teknologi  




    Satelit Merah Putih Resmi Mengorbit

      Ekonomi Bisnis  




    BEI perbarui sistem perdagangan dengan JATS NextG