Rabu, 11 Juli 2018 - 10:43:19

Ronaldo Resmi Kenakan Seragam Juventus,

    Habibi Muthalib Hits : 1    

Fokusriau.com


TURIN,Riauaksi.com -Cristiano Ronaldo resmi meninggalkan Real Madrid dan bergabung bersama Juventus. Keputusannya menjejakan kaki di Kota Turin tak hanya memberikan kejutan, tapi pertanyaan tentang seperti apa peranannya di Juventus.

Tak berapa lama setelah berita kepindahannya diumumkan, Selasa (10/7/2018), pemain berusia 33 tahun itu berpamitan kepada Madrid. Sembilan tahun di Santiago Bernabeu bukanlah waktu yang sebentar untuk mengabdi. Makanya, dia mengakhiri masa pengabdiannya itu dengan ucapan perpisahan.

"Selama bertahun-tahun di Real Madrid, dan di kota Madrid ini, saya mengalami momen terbaik dalam hidup. Saya mengungkapkan rasa terima kasih luar biasa kepada klub, suporter dan kota ini. Saya hanya bisa berterima kasih atas cinta kalian semua dan kasih sayang yang saya terima," ujar Ronaldo dalam situs resmi Madrid.

"Meski begitu, saya yakin bahwa ini waktunya untuk membuka tahap baru dalam hidup Itulah alasan saya meminta klub untuk menerima transfer ini. Saya merasakannya dan saya meminta kepada setiap orang, terutama para penggemar, untuk memahami permintaan saya ini," tuturnya.

Sekarang, Ronaldo telah hengkang dan bintang-bintang baru kemungkinan besar akan didatangkan Madrid ke Bernabeu untuk menggantikan kepergiannya. Namun, ada satu hal yang juga menarik untuk ditelisik: Di posisi apa Ronaldo akan bermain nantinya?

Kedatangan Ronaldo, di satu sisi menjadi senjata yang ampuh bagi Juventus untuk mengejar ambisinya. Namun, Juventus juga bukannya tim tanpa penyerang. Sejak 2016, nama Gonzalo Higuain sudah muncul mengisi pos penyerang Juventus. Berangkat dari sini, transfer Ronaldo juga memunculkan satu kemungkinan tak sedap menyoal masa depan Higuain.

Bila dirunut, Ronaldo dikenal sebagai winger lincah ketika muda dulu. Kecepatan dan kemampuan dribelnya menjadi andalan untuk merontokkan pertahanan lawan. Saat masih membela Manchester United, Ronaldo memainkan peran seperti ini. Ditambah dengan usianya yang kala itu masih muda, ada energi yang muncul sejalan dengan giringan bola yang ia lakukan.

Namun ketika pindah ke Madrid, gaya bermain ini mulai hilang sedikit demi sedikit. Seiring dengan bertambahnya usia, Ronaldo berkembang. Ia tidak lagi banyak menggiring bola. Ia berevolusi menjadi penyerang tajam yang efektif. Semua anggota tubuhnya dimanfaatkan untuk mencetak gol.

Sembilan tahun membela Madrid, Ronaldo menyumbangkan 451 gol dan 131 assist dari 438 penampilannya untuk Madrid. Catatan ini mencerminkan evolusi Ronaldo tersebut. Ronaldo mulai menjelma menjadi mesin gol dengan daerah operasi kebanyakan berkutat di area kotak penalti. Hal ini dapat menjadi tambahan kekuatan bagi Juventus di musim depan.

Sementara produktivitas Ronaldo inilah yang kemudian menjadi ancaman bagi Higuain. Apalagi, Ronaldo tercatat sebagai pemain yang punya peranan besar dalam perjalanan Madrid mendulang gelar juara. Bila dihitung, ada 16 gelar yang dipersembahkan Ronaldo kepada Madrid.

Di musim 2017/2018, Higuain memang tidak tampil buruk. Ia sukses menyumbangkan 23 gol dalam 50 penampilan bersama Juventus di semua ajang. Ketika berada dalam kondisi terbaik, Higuain dapat menyajikan gol-gol penting untuk Juventus. Partnership-nya dengan Paulo Dybala juga berjalan baik.

Meski begitu, jangan lupa kalau Higuain kerap hilang di laga-laga besar. Salah satunya adalah dalam laga ketika melawan Real Madrid di babak perempat final Liga Champions musim 2017/2018. Higuain sama sekali tidak berkontribusi. Malah, pemain-pemain lain seperti Mario Mandzukic maupun Blaise Matuidi yang tampil apik. Kontradiksi lantas menjadi nama tengah Higuain.

Sebagai pelatih, Massimilliano Allegri cenderung senang memakai formasi dengan satu penyerang tunggal. Bila Ronaldo benar-benar mendapat tempat sebagai penyerang utama Juventus, menarik dinanti akan seperti apa kerja samanya dengan Dybala dan Douglas Costa yang bertugas sebagai penyerang sayap. 

Kehadiran Ronaldo tidak hanya akan memberikan keleluasaan taktik bagi Allegri, tapi juga menjadi solusi bagi ketiadaan mental laga besar yang menjadi salah satu masalah utama Higuain. Artinya, untuk Higuain, Ronaldo adalah ancaman yang bisa saja akan membuat namanya tergusur ke bangku cadangan. 

Sejauh ini, kedatangan Ronaldo dipercaya tidak hanya menyoal penambalan skuat. Ada faktor-faktor lain yang bersembunyi di baliknya, terutama faktor keuangan. Menyoal faktor terakhir, hijrahnya Ronaldo juga bisa membuat Higuain menjadi pemain yang masuk daftar transfer sebagai tindakan antisipasi Juventus menyoal aturan Financial Fair Play (FFP).

Terlepas dari apa pun yang menjadi motif asli dan akibatnya bagi susunan tim, proses transfer Ronaldo ke Juventus patut dirayakan. Kedatangannya ke Juventus akan membuat Serie A menggeliat karena sudah lama tak ada pemain sekaliber megabintang yang merumput dan berburu gelar di sana.

    Category : Olahraga    
    Tags        : #internasional,#olahraga    
    Sumber  : Fokusriau.com


    0 Komentar :



    Isi Komentar :
    Nama :
    Website :
    Komentar
     
     (Masukkan 6 kode diatas)

     








      Terkini  



      Most Popular  



      Teknologi  




    Satelit Merah Putih Resmi Mengorbit

      Ekonomi Bisnis  




    BEI perbarui sistem perdagangan dengan JATS NextG