Rabu, 01 Agustus 2018 - 11:54:51

Chevron Gagal Dapat Kontrak Kelola Blok Rokan

    Habibi Muthalib Hits : 1    

riau24.com


JAKARTA - Riauaksi.com,- Keputusan pemerintah menyerahkan pengelolaan Blok Rokan ke Pertamina cukup mengejutkan sejumlah kalangan. Pasalnya, sebelum keputusan itu diambil, santer disebutkan bahwa peluang Chevron lebih besar untuk melanjutkan pengelolaan salah satu blok migas terbesar di Indonesia itu. Lantas, apa sebenarnya penyebab gagalnya Chevron.

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar akhirnya buka rahasia tentang alasan Pertamina menjadi pengelola Blok Rokan pada tahun 2021 itu. Pertamina, kata Arcandra, melalui proposalnya menjanjikan beberapa hal yang menguntungkan negara. Seperti mekanisme bagi hasil migas gross split, negara akan mendapat porsi 48%.

"Pemerintah mendapatkan 48%, split variabel banyak sekali lapangannya dan setiap lapangan beda-beda. Ada 104 lapangan. Jadi untuk kedepannya 100 persen pengelolaan kepada pertamina," ujar Arcandra di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (31/7/2018) malam, seperti dilansir okezone.

Dia menambahkan, bahwa Chevron sebenarnya masih ingin terus mengelola Blok Rokan tersebut. Namun, pemerintah kurang tertarik dengan penawaran dari Chevron itu. "Kita tidak tertarik dengan penawaran dari Chevron. Karena dia (Chevron), menawar jauh di bawah penawaran yang diajukan oleh Pertamina," ungkapnya.

Sebelumnya, Plt Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati juga mengungkapkan, Pertamina berjanji akan melakukan penghematan devisa sebesar empat miliar dolar AS per tahun.

"Dan sesuai proposal yang telah kami sampaikan kepada pemerintah, dengan mengelola Blok Rokan akan meningkatkan produksi hulu Pertamina yang akan mengurangi impor minyak, sehingga bisa menghemat devisa sekitar empat miliar dolar per tahun, serta menurunkan biaya produksi hilir secara jangka panjang," jelasnya.


    Category : Nasional    
    Tags        :    
    Sumber  : riau24.com


0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 








  Terkini  



  Most Popular  



  Teknologi  




Mitsubishi Xpander di Semester Pertama 2018 Rajai Wholesales Tanah Air

  Ekonomi Bisnis  




BEI perbarui sistem perdagangan dengan JATS NextG