Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:53:37

Satpol PP Dumai Rencanakan Operasi Yustisi Pengawasan dan Pencegahan Pendatang Liar

    Habibi Muthalib Hits : 1    

Mediacenter.riau.go.id


DUMAI,Riauaksi.com - Satuan Polisi Pamong Praja Kota Dumai rencanakan operasi yustisi untuk pengawasan dan pencegahan pendatang liar atau warga tanpa identitas kependudukan ke daerah itu.

Kepala Satpol PP Dumai Bambang Wardoyo mengatakan, diprediksi saat ini telah terjadi arus urbanisasi atau kedatangan penduduk dari luar Dumai, karena itu tim bakal menyasar ke sejumlah titik rawan di rumah kos.

"Operasi tidak saja digelar di pusat keramaian dan titik jalan protokol, juga mendatangi rumah kos diduga titik rawan pendatang liar," kata Bambang kepada pers belum lama.

Menurutnya, operasi ini akan digelar dalam waktu dekat, dan rumah kos dicurigai akan dilakukan pemeriksaan.

Operasi yustisi digelar dengan fokus penindakan warga tanpa kartu identitas, mereka yang sudah lama berdomisili di Dumai dan pemeriksaan terhadap pendatang baru saja pindah.

Tim Yustisi Pemko Dumai terdiri dari dinas kependudukan dan catatan sipil, dinas sosial dan dibantu unsur TNI Polri, bertujuan juga mencegah datangnya pelarian pelaku kejahatan dan gelandangan pengemis atau gepeng.

"Pendatang harus melapor pada ketua rukun tetangga setempat dan mereka mesti mengantongi kartu identitas penduduk asal sebagai identitas diri dan penting untuk keperluan administrasi," sebutnya.

Bagi pendatang dan warga tidak membawa KTP akan dikenakan sanksi, dan tidak memiliki KTP sama sekali juga kena sanksi sesuai Peraturan Daerah Nomor 6 tahun 2007 tentang penyelenggaraan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil.

"Sanksi yang diberikan berupa denda bagi warga atau pendatang tidak memiliki kartu identitas penduduk," demikian Bambang.


    Category : Riau    
    Tags        : #dumai,#Prov Riau    
    Sumber  : Mediacenter.riau.go.id


    0 Komentar :



    Isi Komentar :
    Nama :
    Website :
    Komentar
     
     (Masukkan 6 kode diatas)

     








      Terkini  



      Most Popular  



      Teknologi  




    Satelit Merah Putih Resmi Mengorbit

      Ekonomi Bisnis  




    BEI perbarui sistem perdagangan dengan JATS NextG