Sabtu, 18 Agustus 2018 - 11:34:50

Jamaah Calon Haji Pelalawan Mulai Bergerak Menuju Arafah

    Habibi Muthalib Hits : 1    

Riauterkini.com


PANGKALANKERINCI,Riauaksi.com -Jemaah Calon Haji (JCH) abupaten Pelalawan Ahad (19/8/2018) siang mulai bergerak menuju Arafah menggunakan bus yang disediakan oleh maktab 40 bersama dengan jemaah  enam Kelompok Terbang (Kloter) lainnya.

  Berbagai jenis kendaraan dalam ukuran kecil dan besar turut menghiasi sepanjang jalan menuju Arafah. Sekitar 25 kilometer dari kota Mekkah, untuk persiapan melakukan wukuf pada Senin (20/8/18) besok.

  Iswadi M.Yazid, Lc.,MA selaku TPHD Pelalawan yang juga ketua umum MUI Pelalawan, Sabtu (18/8/18) mengatakan pemondokan Jemaah calon Haji Kabupaten Pelalawan terletak di kawasan Aziziyah Janubiyah rumah 714 yang tidak terlalu jauh dengan tempat pelontaran jamarat di Mina diberangkatkan sekitar pukul 16.00 WAS  dan tiba diarafah pukul 18.00 WAS , jamaah langsung menempati tenda yang ditentukan sesuai dengan rapat dan survei lapangan sebelum pelaksanaan puncak ibadah haji bersama maktab.

  Ketua MUI Pelalawan ini mengatakan sebagian jemaah dari mancanegara ada pula yang berjalan kaki melintasi jalan jalur ke Mina yang jaraknya sekitar tujuh kilometer dari Mekkah seperti, Turki,Pakistan , India, Qatar , Nigeria serta jemaah lainnya.

  Diterangkannya, laju kendaraan mulai melambat di jalan-jalan keluar dari kota Mekkah menuju Arafah, Mina dan muzdalifah. Menariknya semua jemaah menggunakan pakaian ihram baik laki-laki maupun perempuan yang duduk diatas atap bus yang mengalami kemacetan menuju jalur ke Arafah.

  Kondisi jemaah calon haji kabupaten Pelalawan sambungnya, secara umum relatif sehat walafiat .  Menurut rencana , khutbah wukuf bagi jemaah calon haji kloter 17 yang terdiri dari jemaah asal kabupaten Pelalawan dan kabupaten kepulauan meranti yang berjumlah 445 orang.

"Pukul 12.25 WAS (16.25 WIB) pada hari Senin   tanggal 9 Dzulhiijjah 1439 H atau tanggal 20 Agustus 2018 M. Hingga kegiatan wukuf berlangsung sampai malam harinya," urainya.

Dan Selanjutnya, prosesi haji dilanjutkan dengan melakukan mabit dimuzdalifah pada malam tanggal 10 dzulhijjah 1439 H dan paginya dilanjutkan dengan melontar jumratul aqabah dimina serta kembali ke Mekah untuk melakukan thawaf ifadhah dan sai tahallul di masjid haram.

"Kemudian kembali lagi Mina selama tiga hari yaitu tanggal 11, 12, dan 13 dzulhijjah 1439 H  untuk pelontaran tiga jamarat," tandasnya.


    Category : Riau    
    Tags        : #pelalawan,#Prov Riau    
    Sumber  : Riauterkini.com


    0 Komentar :



    Isi Komentar :
    Nama :
    Website :
    Komentar
     
     (Masukkan 6 kode diatas)

     








      Terkini  



      Most Popular  



      Teknologi  




    Satelit Merah Putih Resmi Mengorbit

      Ekonomi Bisnis  




    BEI perbarui sistem perdagangan dengan JATS NextG