Rabu, 12 September 2018 - 11:50:31

Kadiskes Riau : Capaian Vaksin Measles Rubella Provinsi Riau Bisa Ditingkatkan Lagi

    Habibi Muthalib Hits : 1    

Riau.go.id


PEKANBARU,Riauaksi.com  - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir optimis capaian vaksin Measles Rubella (MR) di masyarakat bisa lebih maksimal lagi, setelah menempati provinsi nomor kedua terendah di Indonesia bersama Aceh.

Capaian 18,5 persen dari imunisasi vaksin MR yang sudah dimulai Agustus lalu masih sangat jauh dari targetkan 95 persen yang diharapkan. Bermodalkan Fatma Majlis Ulama Indonesia (MUI) nomor 33 tahun 2018 yang menyebut vaksin MR mubah (boleh digunakan karena terpaksa) dari semula haram, diharapkan menjadi landasan bagi masyarakat menerima vaksin MR, demi mengantisipasi penyakit menular campak dan rubella di Riau.

"Memang capaian kita jauh dari target yang ditetapkan. Tapi kita optimis bisa tercapai. Makanya dengan adanya Fatwa MUI yang menyebutkan vaksin ini mubah digunakan, image masyarakat pun berubah," kata Kadiskes Riau, Senin (10/9/18).

Menurut Mimi, berdasarkan fatma Majlis Ulama Indonesia (MUI) nomor 33 tahun 2018, Gubernur Riau sudah membuat surat edaran kepada Bupati dan Walikota agar untuk melanjutkan kegiatan vaksin yang sempat terkendala karena status kehalalannya. 

Karena itu, Mimi menyatakan batas akhir vaksin MR pada bulan ini bisa diperpanjang oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI agar capaian target imunisasi  vaksin MR bisa maksimal dan bermanfaat bagi masyarakat.

Adapun capaian imunisasi MR di kabupaten dan kota, yakni Kuansing 32,66 persen, Pelalawan 32,4 persen, Bengkalis 30,57 persen, Inhu 29,99 persen, Rokan Hilir 24,42 persen, Inhil 16,7 persen, Pekanbaru 15,36 persen, Kampar 11,72 persen, Rohul 11 persen, Kepulauan Meranti 7,65 persen, Siak 4 persen Dan Dumai 3,54 persen.

"Kita belum dapat informasi apakah dengan capaian ini akan diperpanjang, mudahan akan ada kebijakan memperpanjang. Karenakan capaian kita rendah,  seharusnya sekarang ini sudah 60 persen," ungkap Mimi.


    Category : Riau    
    Tags        : #pekanbaru,#Prov Riau    
    Sumber  : Riau.go.id


    0 Komentar :



    Isi Komentar :
    Nama :
    Website :
    Komentar
     
     (Masukkan 6 kode diatas)

     








      Terkini  



      Most Popular  



      Teknologi  




    Satelit Merah Putih Resmi Mengorbit

      Ekonomi Bisnis  




    BEI perbarui sistem perdagangan dengan JATS NextG