Rabu, 18 November 2015 - 17:59:25

Tanjung Buton Siak Akan Dijadikan Kawasan Industri Baru

    Gamanuel Yoga Elvradika Lien Hits : 216413    



KAMPAR - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Irman Gusman mengatakan Pelabuhan Tanjung Buton di Kabupaten Siak Provinsi Riau akan dijadikan pusat kawasan industri baru yang diharapkan mampu mempercepat pertumbuhan ekonomi pemerintahan dan masyarakat.

"Saya sudah meninjau Palebuhan Tanjung Buton tadi, ini adalah untuk percepatan pembangunan di Pulau Sumatera," kata Irman Gusman kepada pers saat mengunjungi Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Swadaya (P4S) Kampar, Senin (16/11/2015) siang.

Sebelumnya, dia bersama dua senator asal Riau yakni Maimanah Umar dan Gafar Usman dengan menumpangi helikopter telah meninjau Pelabuhan Tanjung Buton, Siak.

Menurut dia, sejauh ini untuk percepatan pembangunan di Pulau Sumatera baru dilaksanakan di Teluk Semangka yang berada di ujung selatan Pulau Sumatera.

"Itu makanya, kemudian Tanjung Buton, inspirasinya adalah untuk dijadikan sebagai pusat kawasan industri baru untuk wilayah Riau dalam rangka mengolah ragam produk industri khususnya komoditas yang ada di daerah ini," katanya.

Kemudian lanjut dia, adalah untuk mengolah berbagai produk kebutuhan yang bisa menunjang pertumbuhan perekonomian daerah.

"Tadi saya melihat, infrastrukturnya (Tanjung Buton) sudah cukup memadai, terutama jalannya, kemudian pelabuhan, dan yang tak kalah penting adalah berkaitan dengan status tanah di kawasan industri itu nantinya," kata dia.

Irman Gusman mengatakan, kejelasan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) juga sangat penting dan harus segera diselesaikan agar pelaksanaannya dapat berjalan lancar.

"Jika ini terwujud, maka komoditas primer kita tidak lagi fluktuatif, sehingga kita bisa mengelola hilirnya dan kemudian harga produk pertanian akan lebih stabil," katanya.

Menurut dia, produk pertanian seperti kelapa sawit dan karet memiliki banyak produk turunan yang bisa diolah dan kemudian dipasarkan dengan daya tawar yang lebih baik.

"Maksudnya, lebih baik mengekspor ban dibandingkan karet mentahnya. Dan ini bisa dilakukan di Riau, dan jika lebih baik, kenapa harus dilakukan di Jawa," katanya. (MC Riau)


    Category : Riau    
    Tags        : advertorial,google,kampar,riau    
    Sumber  :


1 Komentar :

Giuseppe
22 November 2017 - 08:04:38 WIB

We stumbled over here different page and thought I may as well check things out.
I like what I see so now i'm following you. Look forward to looking
into your web page yet again.
<< First | < Prev | 1 | Next > | Last >>

Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 








  Terkini  



  Most Popular  



  Teknologi  




Layar Full Screen OPPO F5 Berikan Pengalaman Visual Terbaik

  Ekonomi Bisnis  




Indonesia Sosialisasikan Sawit Lestari ke Warga Asing