Minggu, 08 Mei 2016 - 10:51:44

Nilai Tukar Petani Riau Naik 2,15 Persen

    Gamanuel Yoga Elvradika Lien Hits : 9049    



Pekanbaru,Riauaksi.Com- Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau mencatat nilai tukar usaha pertanian di daerah itu pada April 2016 mengalami kenaikan sebesar 2,15 persen.
         
"Kenaikan ini karena indeks harga yang diterima petani mengalami kenaikan sebesar 1,48 persen, sementara indeks Biaya Produksi dan Penambahan Barang Modal (BPPBM) mengalami penurunan sebesar 0,66 persen," kata Kepala BPS Provinsi Riau Mawardi Arsad dalam keterangannya di Pekanbaru.
         
Menurut dia, penyumbang nilai tukar usaha pertanian Riau adalah tiga subsektor penyusun NTP yakni pertama subsektor tanaman perkebunan rakyat yang mengalami kenaikan NTUP sebesar 3,64 persen.
         
Penyumbang kedua adalah subsektor peternakan yang naik sebesar 0,09 persen dan ketiga subsektor perikanan yang naik sebesar 2,42 persen.
         
Sementara itu, subsektor tanaman pangan dan subsektor hortikultura mengalami penurunan NTUP masing-masing sebesar 0,50 persen dan 0,19 persen.
         
Ia menjelaskan, nilai tukar usaha rumah tangga pertanian diteliti pada 10 kabupaten itu  diperoleh dari perbandingan indeks harga yang diterima petani (It) terhadap indeks harga yang dibayar petani (Ib). Komponen Ib hanya terdiri atas Biaya Produksi dan Penambahan Barang Modal (BPPBM). Seperti yang dilansir antarariau.com, Minggu (08/05).
         
Dengan dikeluarkannya konsumsi dari komponen indeks harga yang dibayar petani, nilai tukar usaha pertanian (NTUP) dapat lebih mencerminkan kemampuan produksi petani karena yang dibandingkan hanya produksi dengan biaya produksinya.

(Magang/jeni)


    Category : Riau    
    Tags        : google,pekanbaru    
    Sumber  :


0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 








  Terkini  



  Most Popular  



  Teknologi  




Benarkah iPhone SE 2 akan Rilis?

  Ekonomi Bisnis  




Kemenkeu Jualan Sukuk Ritel SR 010, Imbal Hasil 5,9 Persen