Minggu, 08 Mei 2016 - 10:56:27

Harga yang Diterima Petani Tanaman Pangan Riau Menurun

    Gamanuel Yoga Elvradika Lien Hits : 10125    



Pekanbaru,Riauaksi.Com- Badan Pusat Statistik (BPS) Riau, mencatat selama April 2016 nilai tukar petani untuk subsektor tanaman pangan yaitu padi dan palawija (NTPP) mengalami penurunan indeks sebesar 0,19 persen dibandingkan dengan NTPP  Maret 2016.
        
"Penurunan  disebabkan indeks harga yang diterima petani mengalami penurunan 0,57 persen, relatif lebih besar dibandingkan penurunan indeks harga yang dibayar petani 0,38 persen," kata Kepala BPS Riau, Mawardi Arsad di Pekanbaru.
        
Turunnya indeks harga yang diterima petani disebabkan turunnya indeks harga kelompok padi sebesar 0,32 persen dan palawija sebesar 1,21 persen khususnya komoditas ketela pohon atau ubi kayu, gabah dan kacang tanah.      
   
Survey terhadap petani, katanya dilakukan pada sepuluh daerah kabupaten atas pembelian subsektor tanaman pangan di Riau.
        
Untuk indeks harga yang dibayar petani yang mengalami penurunan disebabkan oleh turunnya indeks konsumsi rumah tangga sebesar 0,43 persen khususnya bensin, cabe merah, cabe rawit, beras dan lainnya.
        
"Namun untuk indeks Biaya Produksi dan Penambahan Barang Modal (BPPBM) tercatat sebesar 0,07 persen khususnya bensin, NP/NPK, TSP/SP36 dan lainnya," katanya.
        
Nilai tukar petani  adalah perbandingan antara indeks harga yang diterima petani  dengan indeks harga yang dibayar petani yang dinyatakan dalam persentase.
        
Nilai ini merupakan salah satu indikator untuk melihat tingkat kesejahteraan petani, dengan mengukur kemampuan tukar produk yang dihasilkan atau dijual petani dibandingkan dengan produk yang dibutuhkan petani baik untuk proses produksi maupun untuk konsumsi rumah tangga petani. Seperti yang dilansir antarariau.com, Minggu (08/05).
        
"Semakin tinggi nilai tukar petani maka dapat diartikan kemampuan daya beli atau daya tukar petani relatif lebih baik dan tingkat kehidupan petani juga lebih baik," katanya.

(Magang/jeni)


    Category : Riau    
    Tags        : google,pekanbaru    
    Sumber  :


0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 








  Terkini  



  Most Popular  



  Teknologi  




Benarkah iPhone SE 2 akan Rilis?

  Ekonomi Bisnis  




Kemenkeu Jualan Sukuk Ritel SR 010, Imbal Hasil 5,9 Persen