Sabtu, 04 Maret 2017 - 15:20:31

Jadi Mitra Strategis, Ini Kelebihan Indonesia di Mata Arab Saudi

    Gamanuel Yoga Elvradika Lien Hits : 170    

okezone.com


JAKARTA - Saat ini, kerjasama perdagangan antara Indonesia dan Arab Saudi perlu diperluas guna mendorong ekspor produk-produk nasional yang penetrasinya ke pasar Arab Saudi masih terbatas.

Oleh karena itu Center of Reform on Economics (CORE) menilai pemerintah perlu mendorong peningkatan investasi negara itu ke sektor-sektor yang paling dibutuhkan, seperti pengembangan industri pengolahan minyak mentah dan industri petrokimia.

"Sejalan dengan Visi 2030 Arab Saudi yang ingin mendongkrak pendapatan di luar sektor minyak, pendapatan dari ekspansi investasi ke negara lain menjadi salah satu perhatian negara itu," ucap Faisal dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu (4/3/2017).

Dia menambahkan Indonesia dengan pasar yang besar dan pertumbuhan ekonomi yang relatif tinggi, ditambah lagi dengan kedekatan secara sejarah dan budaya, mampu menjadi mitra yang strategis bagi Arab Saudi untuk menjalin kerja sama ekonomi.

Sekadar informasi, nilai investasi asal Arab Saudi yang masuk ke Indonesia pada tahun 2016 hanya sebesar USD900 ribu atau hanya berada pada peringkat 57. Sementara investasi asal Singapura, Jepang, dan China masing-masing mencapai USD9 miliar, USD5,5 miliar dan USD2,75 miliar.

Adapun investasi Arab Saudi di Indonesia selama periode 2013-2016 masih relatif kecil dan lebih banyak pada sektor tersier, terutama sektor perdagangan dan reparasi dan sektor properti khususnya hotel dan restoran. (A.M)


    Category : Ekonomi Bisnis    
    Tags        : #Ekonomi Bisnis    
    Sumber  : okezone.com


0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 




  Terupdate  






  Most Populer