Sabtu, 04 Maret 2017 - 15:20:31

Jadi Mitra Strategis, Ini Kelebihan Indonesia di Mata Arab Saudi

    by : Gamanuel Yoga Elvradika Lien    
     
    Hits : 107    


JAKARTA - Saat ini, kerjasama perdagangan antara Indonesia dan Arab Saudi perlu diperluas guna mendorong ekspor produk-produk nasional yang penetrasinya ke pasar Arab Saudi masih terbatas.

Oleh karena itu Center of Reform on Economics (CORE) menilai pemerintah perlu mendorong peningkatan investasi negara itu ke sektor-sektor yang paling dibutuhkan, seperti pengembangan industri pengolahan minyak mentah dan industri petrokimia.

"Sejalan dengan Visi 2030 Arab Saudi yang ingin mendongkrak pendapatan di luar sektor minyak, pendapatan dari ekspansi investasi ke negara lain menjadi salah satu perhatian negara itu," ucap Faisal dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu (4/3/2017).

Dia menambahkan Indonesia dengan pasar yang besar dan pertumbuhan ekonomi yang relatif tinggi, ditambah lagi dengan kedekatan secara sejarah dan budaya, mampu menjadi mitra yang strategis bagi Arab Saudi untuk menjalin kerja sama ekonomi.

Sekadar informasi, nilai investasi asal Arab Saudi yang masuk ke Indonesia pada tahun 2016 hanya sebesar USD900 ribu atau hanya berada pada peringkat 57. Sementara investasi asal Singapura, Jepang, dan China masing-masing mencapai USD9 miliar, USD5,5 miliar dan USD2,75 miliar.

Adapun investasi Arab Saudi di Indonesia selama periode 2013-2016 masih relatif kecil dan lebih banyak pada sektor tersier, terutama sektor perdagangan dan reparasi dan sektor properti khususnya hotel dan restoran. (A.M)


    Category : Ekonomi Bisnis    


    Tags : #Ekonomi Bisnis    


    Sumber : okezone.com



Akses Riauaksi.com Via Mobile m.riauaksi.com


0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 


  Terkini  



  Most Popular  



  Pilihan  


  Teknologi  


Honda Civic Hatchback Tebar Pesona
BANGKOK - Honda meluncurkan Civic hatchback di ajang Bangkok International Motor Show (BIMS) pada Selasa 28 Maret 2017. Mobil ini merupakan salah

  Olahraga  


Paolo Maldini Tak Berminat Jadi Pelatih
MILAN - Legenda AC Milan, Paolo Maldinitidak tertarik menjadi pelatih sepakbola, meski ia memiliki kesempatan tersebut. Maldini melihat pada

  Ekonomi Bisnis  


Memiliki Potensi, Banyak Ilmuwan Asing Lakukan Penelitian di Indonesia
JAKARTA - Produktivitas peneliti Indonesia perlu terus ditingkatkan. Tak cukup sampai di situ, hasil riset harus disertai dengan publikasi di jurnal

  English Version  


"Tree Man" cured of rare disease that gave him branchlike hands and feet
AFTER enduring 16 gruelling surgeries spanning a year, Bangladesh’s “Tree Man” has finally been cured. Adul

  Unik  


Kambing di Bogor Doyan Makan Uang dan Rendang
BOGOR - Kambing merupakan makhluk herbivora alias hewan pemakan tumbuhan. Namun, kambing betina milik Tati (49) ini berbeda dari kambing lainnya,