Rabu, 08 Maret 2017 - 15:09:02

Ekspor Indonesia ke Sri Lanka Tak Kena Tarif Tahun Ini

    by : Gamanuel Yoga Elvradika Lien    
     
    Hits : 70    


JAKARTA - Indonesia dan Sri Lanka selama ini telah menjalin kerjasama perdagangan yang cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari besarnya surplus neraca perdagangan Indonesia dengan Sri Lanka.

"Kita surplus juga jauh, USD 200 jutaan. kecil sekali perdagangannya. Mereka USD30 juta," tutur Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita di Kompleks Istana Negara, Jakarta, Rabu (7/3/2017).

Selama ini, Indonesia banyak melakukan ekspor ke Sri Lanka seperti tembakau untuk rokok. Hanya saja, terdapat hambatan perdagangan kedua negara. Salah satunya adalah karena tingginya tarif bea masuk yang diterapkan oleh Sri Lanka.

"Mobil kita juga, kita justru bisa. Tapi hambatan tarif cukup besar. Pada dasarnya negara-negara seperti Presiden sampaikan, membuka pasar baru," jelasnya.

Tingginya tarif untuk produk ekspor Indonesia di Sri Lanka salah satunya disebabkan karena tidak adanya perjanjian kerjasama antara kedua negara. Untuk itu, melalui kerjasama ini disepakati penghapusan tarif pada ekspor dan impor kedua negara.

"Bukan hambatan tarif, tapi tarif mereka tinggi karena belum ada perjanjian. Semua tinggi, karena kita belum ada perjanjian itu, makanya kita mau bikin preferential trade agreement (PTA) dulu," ungkapnya.

Namun, belum diketahui kapan perjanjian ini akan dilaksanakan. Ditargetkan, kesepakatan ini akan diimplementasikan jelang akhir tahun 2017 mendatang.

"Iya, kita sepakati. Kita kan mesti bikin dulu. Ya, target tahun ini," pungkasnya. (A.M)


    Category : Ekonomi Bisnis    


    Tags : #Ekonomi Bisnis    


    Sumber : okezone.com



Akses Riauaksi.com Via Mobile m.riauaksi.com


0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 


  Terkini  



  Most Popular  



  Pilihan  


  Teknologi  


HP Inc Hadirkan Seri Spectre X360 Gabungan Seni dan Teknologi
JAKARTA - HP Inc resmi meluncurkan produk inovasi terbaru HP Spectre x360 HP yang menggabungkan seni dan teknologi. Produk baru ini menurut Hendry

  Olahraga  


Persib Bandung Kontrak Carlton Cole Setahun
BANDUNG - Carlton Coleresmi berkostum Persib setelah dikenalkan ke awak media di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Kamis

  Ekonomi Bisnis  


Memiliki Potensi, Banyak Ilmuwan Asing Lakukan Penelitian di Indonesia
JAKARTA - Produktivitas peneliti Indonesia perlu terus ditingkatkan. Tak cukup sampai di situ, hasil riset harus disertai dengan publikasi di jurnal

  English Version  


"Tree Man" cured of rare disease that gave him branchlike hands and feet
AFTER enduring 16 gruelling surgeries spanning a year, Bangladesh’s “Tree Man” has finally been cured. Adul

  Unik  


Kambing di Bogor Doyan Makan Uang dan Rendang
BOGOR - Kambing merupakan makhluk herbivora alias hewan pemakan tumbuhan. Namun, kambing betina milik Tati (49) ini berbeda dari kambing lainnya,