Rabu, 08 Maret 2017 - 15:12:29

Ada 9 Titik Ladang Minyak di Kalimantan Utara

    by : Gamanuel Yoga Elvradika Lien    
     
    Hits : 70    


JAKARTA - Kalimantan Utara (Kaltara) yang baru diresmikan sebagai provinsi pada 2013 lalu terus melakukan promosi sumber daya alam yang ada di wilayahnya.

Gubernur Kaltara Irianto Lambrie mengatakan, banyak sumber daya alam yang dimiliki oleh Kaltara yang memiliki potensi menghasilkan energi, seperti batu bara, minyak, dan juga gas.

"Kekayaan alam tentu sebuah potensi kalau ada manfaatnya, forum ini menjadi momentum menjual potensi ini. Di Kaltara kita memiliki 9 titik ladang minyak dan satu terdeteksi mengandung 764 juta Barrels minyak dan 1,4 triliun cubic feet gas yang terletak di Block Ambalat," ungkapnya di Hotel Luwansa, Jakarta, Rabu (8/3/2017).

Menurutnya, potensi gas Kaltara tersebar di beberapa kabupaten seperti Kabupaten Bulungan, Tana Tidung dan Nunukan dengan luas cakupan 2.750 Km. Dengan estimasi potensi gas yang akan dihasilkan sebesar 23 triliun cubic feet. "Beberapa investor yang telah menyatakan minat, salah satunya ada PT Inalum mau bangun smelter," jelasnya.

Selain itu, Irianto juga mempunyai cara jitu yang disiapkan agar investor bisa komitmen menanamkan modal. Pertama perihal kemudahan perizinan, yang sedang disiapkan kebijakan penyederhanaan pengurusan perizinan lewat revisi Peraturan Gubernur Nomor 43 Tahun 2014 tentang tentang Pendelegasian Wewenang Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan Terpadu Pemprov Kalimantan Utara.

"Dalam waktu dekat akan selesai revisi. Untuk memudahkan lagi, kami sudah menyiapkan dokumen-dokumen perencanaan dan survei-survei awal di beberapa lokasi," tuturnya.

Namun, yang lebih penting disiapkan sekeras mungkin ialah perubahan kinerja birokrasi baik di Pemprov maupun di lingkup Pemkab. Tanpa didukung pola kerja birokrat yang berorientasi kerja, ia meyakini akan menjadi salah satu penghambat investor menanamkan modalnya.

"Makanya kami undang bupati/wali kota agar kita satu pemahaman, bagaimana investasi benar-benar menjadi mesin pertumbuhan ekonomi. Masyarakat akan diuntungkan, kesempatan kerja sangat terbuka lebar. Daerah sejahtera, infrastruktur juga terbangun memadai," tukasnya. (A.M)


    Category : Ekonomi Bisnis    


    Tags : #Ekonomi Bisnis,#nasional    


    Sumber : okezone.com



Akses Riauaksi.com Via Mobile m.riauaksi.com


0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 


  Terkini  



  Most Popular  



  Pilihan  


  Teknologi  


Honda Civic Hatchback Tebar Pesona
BANGKOK - Honda meluncurkan Civic hatchback di ajang Bangkok International Motor Show (BIMS) pada Selasa 28 Maret 2017. Mobil ini merupakan salah

  Olahraga  


Paolo Maldini Tak Berminat Jadi Pelatih
MILAN - Legenda AC Milan, Paolo Maldinitidak tertarik menjadi pelatih sepakbola, meski ia memiliki kesempatan tersebut. Maldini melihat pada

  Ekonomi Bisnis  


Memiliki Potensi, Banyak Ilmuwan Asing Lakukan Penelitian di Indonesia
JAKARTA - Produktivitas peneliti Indonesia perlu terus ditingkatkan. Tak cukup sampai di situ, hasil riset harus disertai dengan publikasi di jurnal

  English Version  


"Tree Man" cured of rare disease that gave him branchlike hands and feet
AFTER enduring 16 gruelling surgeries spanning a year, Bangladesh’s “Tree Man” has finally been cured. Adul

  Unik  


Kambing di Bogor Doyan Makan Uang dan Rendang
BOGOR - Kambing merupakan makhluk herbivora alias hewan pemakan tumbuhan. Namun, kambing betina milik Tati (49) ini berbeda dari kambing lainnya,