Rabu, 08 Maret 2017 - 15:57:06

Penambahan Suplai Air Bersih Diragukan Mampu Tahan Penurunan Tanah

    by : Gamanuel Yoga Elvradika Lien    
     
    Hits : 114    


JAKARTA - Kondisi permukaan tanah Jakarta diperkirakan terus menurun tiap tahunnya. Beberapa kalangan memprediksikan Jakarta akan tenggelam dalam artian terjadi penurunan tanah yang drastis.

Pemerintah lantas berencana untuk membangun tanggul laut atau National Capital Integrated Coastal Development (NCICD). Dengan harapan, dapat menahan tekanan air laut pada kondisi permukaan daratan Jakarta yang terus menurun.

Kendati demikian, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro mengatakan pembangunan NCICD masih banyak diperdebatkan.

Pasalnya, penurunan tanah di Jakarta masih dapat ditanggulangi dengan pemerataan distribusi air bersih, sehingga dapat menjaga pengambilan air tanah. Imbasnya, laju penurunan permukaan tanah dapat ditekan.

"Pertanyaannya, kalau kita perbaiki di sini kita tambah supply air bersih di Jakarta kira-kira itu bisa menolong tidak, sehingga tanggul laut tidak diperlukan, ini yang masih debatable," terangnya di Kantor Kemenko Maritim, Rabu (8/3/2017).

Bambang menuturkan NCICD merupakan program jangka panjang. Sedangkan dalam jangka pendek, Pemerintah akan fokus kepada pembangunan tanggul pantai untuk menanggulangi banjir rob di pesisir pantai Jakarta.

"Paling penting, tanggul pantai yang 20 kilometer untuk daerah kritis harus dibuat," tukas dia.

Saat ini pihak Bappenas telah menyelesaikan kajian pembangunan tanggul pantai sepanjang 20 kilometer di pesisir Jakarta. Pembangunan ini diharapkan dapat segera direalisasikan 2017 dan rampung di 2018. (A.M)


    Category : Ekonomi Bisnis    


    Tags : #Ekonomi Bisnis    


    Sumber : okezone.com



Akses Riauaksi.com Via Mobile m.riauaksi.com


0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 


  Terkini  



  Most Popular  



  Pilihan  


  Teknologi  


Honda Civic Hatchback Tebar Pesona
BANGKOK - Honda meluncurkan Civic hatchback di ajang Bangkok International Motor Show (BIMS) pada Selasa 28 Maret 2017. Mobil ini merupakan salah

  Olahraga  


Paolo Maldini Tak Berminat Jadi Pelatih
MILAN - Legenda AC Milan, Paolo Maldinitidak tertarik menjadi pelatih sepakbola, meski ia memiliki kesempatan tersebut. Maldini melihat pada

  Ekonomi Bisnis  


Memiliki Potensi, Banyak Ilmuwan Asing Lakukan Penelitian di Indonesia
JAKARTA - Produktivitas peneliti Indonesia perlu terus ditingkatkan. Tak cukup sampai di situ, hasil riset harus disertai dengan publikasi di jurnal

  English Version  


"Tree Man" cured of rare disease that gave him branchlike hands and feet
AFTER enduring 16 gruelling surgeries spanning a year, Bangladesh’s “Tree Man” has finally been cured. Adul

  Unik  


Kambing di Bogor Doyan Makan Uang dan Rendang
BOGOR - Kambing merupakan makhluk herbivora alias hewan pemakan tumbuhan. Namun, kambing betina milik Tati (49) ini berbeda dari kambing lainnya,