Kamis, 09 Maret 2017 - 12:47:19

Delegasi UNOPS Tertarik Teliti Gambut Rohil

    Depi Putra Yanto Hits : 106    

Faktariau.com


BAGANSIAPIAPI - Delegasi  (United Nation Office For Project Service (UNOPS) melakukan kunjungan ke Kabupaten Rokan Hilir (Rohil). Kedatangan tim ini langusng disambut Bupati Rohil H Suyatno, Rabu (8/3) di Mess Pemda Jalan Perwira, Bagansiapiapi.
 
Delegasi UNOPS terdiri dari Jenna Jadin Ph.D selaku Project Manajer Gambut dan Sherry Panggabean selaku Project Officer Gambut dalam rangka Audiensi dan Silahturahmi dengan Pemkab rohil.
 
"Kita smabut baik, kedatangan mereka datang daru Unops mau melakukan penelitain dan menjalanan program. Saya fikir memang kita salah satu daerah yang dituju karena memang gestur tanah kita kebanyakan gambut." kata Bupati Suyatno.
 
Bahkan ia memaparkan bahwa Rohil sekitar 60 persen, kedalam Gambut 3- 5 meter. Nantinya tim ini akan membantu Pemda untuk menangani permasalahan gambut. "Kalau ditata dengan baik Gambut ini bisa mengurangi juga kebakaran hutan dan lahan yang kerap terjadi." kata Bupati.
 
Upaya untuk menangani hal ini telah dilakukan Pemkab seperti membentuk Masyarakat Peduli Api (MPA) menyediakan alat pemadam dna Satgas pemadam kemabakarn. "Kalau ada tindakan pencegahan da nlahan gambut bisa menghasilkan kenapa tidak ini kita dalami bersama tim Unops ini nantinya." harap Bupati.
 
Jenna Jadin Ph.D selaku Project Manajer mengatakan, bahwa kedatangnnya ke Rohil untuk melaksanakan  Proyek Generating Anticipatory Meassure For Better Utilization Of Tropical Peatland. "Jadi projek ini merupakan penerapan dari sistem peringatan dini kebakaran yang diharapkan dapat digunakan utk merencanakan tanggap antisipatif. Memobilisasi sumber daya dan melaksanakan kebijakan tepat waktu untuk mendorong langkah alternatif  resiko tinggi terhadap kebakaran." katanya.
 
Organisasi UNOPS merupkan organisasi di bawah naungan PBB, keberadananya sejalan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 71 tahun 2014 tentang perlindungan dan pengelolaan ekosistem gambut untuk mengurangi potensi terjadi kebakaran lahan.
 
Dalam PP 71 tahun 2014 tersebut, dijelaskan beberapa hal penting tentang perlindungan dan pengelolaan ekosistim gambut, diantaranya, perencanaan, pemanfaatan, pengawasan, sangsi administrasi dan perizinan usaha atau kegiatan serta pemanfaatan.
 
Menurut dia, proyek gambut adalah penerapan dari sistem peringatan dini kebakaran dan diharapkan dapat digunakan untuk merencanakan tanggap antisipatif, mobilisasi sumber daya, melaksanakan kebijakan tepat waktu untuk mendorong langkah alternatif pada tahun dengan risiko tinggi.
 
Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Rohil Suwandi S.Sos mengatakan, sampai saat ini Kegiatan yang telah dilakukan Unops di Rohil berupa pelatihan Fire Risk Sistem (RFS) peserta dari instansi pemerintah dan masyarakat peduli api tahun 2016 lalu. 
 
Saat ini juga sudah bisa dilakukan pemantauan dini daerah rawan karlahut melalui situs online http://kebakaranhutan.or.id/. Disamping pelatihan, projeck gambut juga akan memberikan hibah bagi bebrapa komunitas dalam pelaksanaan kegiatan pencegahan kebakaran secara inovatif. 
 
"Melakukan penyuluhan dan sosialisasi kepada masarakat di 6 kepenghuluan terhadap upaya dini pencegahan karlahut," tandasnya.(FY)
 

    Category : Riau    
    Tags        : #Prov Riau,#rohil    
    Sumber  : Faktariau.com


0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 


  Terkini  



  Most Popular  



  Pilihan  


  Teknologi  


LG Bakal Rilis Dua Versi V30, Apa Bedanya?
LG dikabarkan akan segera merilis dua varian smartphone premium miliknya di akhir Agustus ini. Hal ini diketahui melalui undangan yang disebarkan LG

  Olahraga  


18-20 Agustus, 17 Atlet Lemkari Inhil Ikuti Kejuaraan Karate Tingkat Sumatera
TEMBILAHAN,Riauaksi.com - Sebanyak 17 atlet Lembaga Karate Republik Indonesia (Lemkari) Kabupaten Indragiri (Inhil) akan mengikuti kejuaraan karate

  Ekonomi Bisnis  


Harga Emas Antam Rp614.000/Gram, Naik Rp6.000
JAKARTA,Riauaksi.com  - Sehari paska HUT RI, harga emas yang dijual PT Aneka Tambang (Persero) Tbk (Antam) naik Rp6.000 per gram menjadi

  English Version  


This startup went from retrieving stolen cars to rewarding good drivers
A stolen vehicle, a two-hour search, and catching car thieves. That’s how Syed Ahmad Fuqaha, managing director and founder at driving

  Unik  


Tempat-Tempat Terlarang bagi Perempuan
Anda yang beragama Islam tentu tahu bahwa dalam Islam ada yang meyakini bahwa wanita yang sedang menstruasi tak boleh memasuki