Sabtu, 11 Maret 2017 - 11:05:58

Ini Mobil Listrik Mahasiswa Bandung Hasil Belajar dari Ferrari

    Gamanuel Yoga Elvradika Lien Hits : 572    

okezone.com


JAKARTA - Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung, Jawa Barat, bakal kembali mengerahkan mahasiswanya di kontes mobil hemat energi bertajuk Shell Eco-Marathon (SEM) Asia 2017 di Singapura pada 16–19 Maret. Ada dua mobil yang akan berlaga, satu di antaranya diberi nama Bumi Siliwangi Team 4. Mobil bertenaga listrik ini akan berlomba pada kategori Urban Concept.

Ramdhani, manajer Tim Bumi Siliwangi, mengatakan mobil ini pernah dibawa ke markas Ferrari di Maranello, Italia, untuk dilakukan uji jalan di atas lintasan balap Fiorano Circuit. Dari situ timnya mendapat banyak masukan, sehingga ketika sampai di Indonesia mobil langsung dirombak dan dibangun ulang.

“Kami membuat mobil baru lagi, kerangka baru, desain baru. Mesin pakai listrik yang energinya diambil dari baterai lithium-ion. Bodi dirombak total dari sebelumnya. Sekarang lebih matang, lebih ringan, kuat, serta kukuh. Rangka juga dibuat lebih ringan. Semua kami usahakan dapat merangkum semua masukan yang kami terima saat di markas besar Ferrari," ujar Ramdhani.

Ia menambahkan, dari hasil rombakan itu, timnya berhasil menurunkan bobot mobil sebesar 6 kilogram dibandingkan mobil sebelumnya. "Terutama masukan mengenai composite dan bentuk aerodinamika dari bodi mobil,” ungkap Ramdhani yang sebelumnya menjadi driver mobil Bumi Siliwangi Team 4 saat di SEM Asia 2016 dan SEM DWC di London.

Dengan mobil Bumi Siliwangi Team 4 baru, kini timnya lebih siap dan percaya diri untuk menghadapi pesaingnya dalam kontes tersebut.

Mengenai target tahun ini, dirinya berharap mobil Bumi Siliwangi Team 4 bisa dipacu lebih jauh dibandingkan saat pencapaian di SEM Asia, Manila 2016. “Kami harapkan di Singapura kami bisa mencapai 200 km/kwh atau lebih,” pungkas Ramdhani. (A.M)


    Category : Teknologi    
    Tags        : #nasional,#teknologi    
    Sumber  : okezone.com


0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 








  Terkini  



  Most Popular  



  Teknologi  




Resmi Dijual di Indonesia, Ini Harga Xiaomi Redmi Note 4

  Ekonomi Bisnis  




Komisi IV DPRD Kampar Kunjungan Kerja Ke Diskominfotik Riau