Sabtu, 11 Maret 2017 - 14:33:08

Vietnam dan Malaysia Jadi Pesaing Industri Mebel Indonesia

    Gamanuel Yoga Elvradika Lien Hits : 6910    

okezone.com


JAKARTA - Persaingan industri mebel dan kerajinan tangan di dunia internasional semakin ketat. Para pelaku industri di bidang ini pun perlu melakukan pembenahan dan penyesuaian.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun mengungkapkan kepuasannya terhadap industri mebel dan kerajinan tangan Indonesia. Pasalnya, industri mebel dan kerajinan tangan saat ini sudah semakin membaik. Hal itu disampaikannya usai meninjau Indonesia International Furniture Expo (IFEX) yang memamerkan produk-produk mebel dan kerajinan tangan dalam negeri.

"Desain-desain produk yang ada di dalamnya baik rotan, baik kayu, baik bambu, besi, metal semuanya, keliatan sekali sudah berubah. Ini yang memang harus (dilakukan) karena perubahan global cepat sekali," kata Presiden Jokowi di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran Jakarta, Sabtu (11/3/2017).

Ia menekankan, apabila industri mebel dalam negeri tak dapat menyesuaikan dengan tantangan global yang ada saat ini, maka industri mebel Indonesia akan tergerus oleh produk mebel milik negara lain.

"Kalau kita enggak mengikuti ya ditinggal, dari sisi desain ini (sudah cukup baik), tinggal sekarang masuk ke marketingnya seperti apa, supaya kita bisa berkompetisi, kompetitif, bisa ditandingkan (di kancah internasional)," lanjutnya.

Ia menambahkan, saat ini, pesaing terberat dalam industri mebel internasional bagi Indonesia adalah Vietnam dan Malaysia. Untuk itu, perlu peningkatan kualitas produk agar Indonesia tak kalah saing.

"Saat ini persaingan kita yang paling berat dari mana, Vietnam, Malaysia. Saya kira dengan desain yang baik seperti ini kita bisa meningkatkan," tambahnya. (A.M)


    Category : Ekonomi Bisnis    
    Tags        : #Ekonomi Bisnis    
    Sumber  : okezone.com


0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 








  Terkini  



  Most Popular  



  Teknologi  




Malas Bersihkan Rumah, Aplikasi Ini Bisa Bantu Anda

  Ekonomi Bisnis  




Rupiah Menguat Terpengaruh Suku Bunga BI