Rabu, 15 Maret 2017 - 16:43:47

Pertamina Hulu Ajukan Perbaikan Gross Split di Semester I

    Gamanuel Yoga Elvradika Lien Hits : 13292    

okezone.com


JAKARTA - PT Pertamina Hulu Energi (PHE) siap mengajukan usulan terkait penerapan skema gross split pada blok Offshore North West Java (ONWJ). Usulan tersebut direncakan akan diserahkan pada semester I 2017.

Presiden Direktur Pertamina Hulu Energi (PHE) Gunung Sardjono Hadi mengatakan, PHE akan menyerahkan usulan perbaikan gross split berupa amandemen. Misalnya usulan PHE terkait kompensasi unrecover cost sekira USD450 juta yang sampai saat ini belum tercover lantaran pada saat perpanjangan kontrak blok ONWJ biaya tersebut dimasukan sebagai cost recovery.

"Tapi sekarang kan jadi gross split itu. Jadi kita akan sampaikan bagaiamana untuk mengkompensasi itu. Untuk perbaikan gross split,"tuturnya, di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Rabu (15/3/2017).

Kemudian, lanjut Gunung, usulan yang akan disampaikan juga terkait hitungan menggunakan gross split dengan cost recovery. Jika seandainya ada selisih usai dihitung, kurangnya bagaimana menggunakan gross split perbaikannya seperti apa.

"Jadi memang ada beberapa hal yang perlu disampaikan ke pemerintah. Petrama kegiatan eksplorasi di dalam variabel gross split tidak ada insentif, itu yang kita sampaian pada pemerintah dan Kepala SKK Migas. Kita usulkan ada satu item di variabel split kegiatan eksplotasi ada insentif. Tidak hanya itu, PPn dan PPB yang dahulunya digantikan, setalah ada gross split maka kedua paja ini menjadi beban pelaku usaha,"tuturnya.

Kemudian, lanjutnya, soal PI 10% untuk Badan Usaha Milik Daerah, di mana pemerintah dalam PP Nomor 40 tahun 2016 menyatakan PHE harus meng-carry dengan semua beban dan kepastian bagi daerah untuk mendapatkan hasil setiap tahun.

"Dari itu kita hitung penambahan split dari itu kita hitung berapa splitnya. Kami tidka menolak gross split tidak masalah sepanjang split menarik. Harapan saya usulan ini saya serahkan pada semester I," tandasnya. (A.M)


    Category : Ekonomi Bisnis    
    Tags        : #Ekonomi Bisnis    
    Sumber  : okezone.com


0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 








  Terkini  



  Most Popular  



  Teknologi  




Perkuat Gopay, Gojek Caplok Kartuku, Midtrans dan Mapan

  Ekonomi Bisnis  




Rupiah Keok di Hadapan Yen dan Euro di November