Senin, 20 Maret 2017 - 16:00:46

Disebut Nazi oleh Turki, Menlu Jerman: "Kami Punya Toleransi, Tetapi Tidak Bodoh!"

    Gamanuel Yoga Elvradika Lien Hits : 50    

okezone.com


BERLINPresiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyebut semangat Nazi sedang merajalela di Eropa. Pernyataan itu terlontar dari mulut orang nomor satu di Turki setelah para menterinya dilarang menyebarkan dukungan ‘ya’ untuk referendum pada 16 April mendatang.

Salah satu negara yang paling tersinggung dengan ucapan tersebut adalah Jerman. Pada Minggu 19 Maret 2017, Jerman memperingatkan bahwa tuduhan Erdogan yang menyamakan Kanselir Angela Merkel dengan Nazi sudah keterlaluan dan dapat merusak hubungan diplomatik kedua negara.

Menteri Luar Negeri Jerman Sigmar Gabriel mengakui tudingan Erdogan sangat mengejutkan. “Kami punya toleransi, tetapi kami tidak bodoh. Itulah mengapa saya ingin rekan saya sesama menlu di Turki paham betul kalau hinaan mereka sudah melewati batas,” ujar Gabriel, seperti disadur dari The New Arab, Senin (20/3/2017).

Wakil Presiden Partai Kristen Demokratik pimpinan Merkel, Julia Kloeckner juga geram mendengar ocehan Turki. “Apa Presiden Erdogan sudah kehilangan akal?” tukasnya.

Kloeckner pun memastikan akan membuat perhitungan dengan Turki. Dia akan mendesak Uni Eropa untuk membekukan bantuan keuangan senilai miliaran euro ke Negara Eurasia tersebut.

Sebelumnya, Presiden Erdogan mengatakan, “Ketika kita menyebut Eropa seperti Nazi, mereka tersinggung. Mereka bersatu dalam aksi solidaritas (untuk mengecam). Tetapi faktanya kalian sekarang menggunakan langkah-langkah yang dianut Nazi, khususnya Merkel,” serunya pada Minggu 19 Maret 2017.

The New Arab menjelaskan, Erdogan bahkan menekankan kata ‘kalian’ dalam bahasa informal di Turki.

Jerman merupakan rumah diaspora Turki terbesar. Dengan sekira 1,4 juta suara bisa diraup di sini. Namun demikan, sudah menjadi hukum di hampir seluruh negara di dunia bahwa delegasi negara mana pun dilarang mengampanyekan kepentingan politiknya di negara orang lain. (A.M)


    Category : Internasional    
    Tags        : #internasional    
    Sumber  : okezone.com


0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 




  Terupdate  






  Most Populer