Senin, 20 Maret 2017 - 16:11:54

Polisi Bersenjata Amankan Demo Mahasiswa Papua di Denpasar

    by : Gamanuel Yoga Elvradika Lien    
     
    Hits : 21    


DENPASAR - Puluhan anggota Polsek Denpasar Timur dan Polresta Denpasar dibantu enam polisi bersenjata laras panjang Brimob Polda Bali mengamankan demonstrasi puluhan mahasiswa Papua di kantor Agen Konsuler Amerika Serikat di Denpasar. Mereka menuntut perusahaan tambang Freeport ditutup.

"Kami kerahkan personel baik untuk pengamanan terbuka dan tertutup," kata Kapolsek Denpasar Timur Kompol Indrajaya di Denpasar, Senin (20/3/2017).

Sebanyak 61 petugas kepolisian gabungan itu di antaranya personel Sabhara, Intelijen, Lalu Lintas dan personel lainnya. Polisi, lanjut dia, mengantisipasi apabila terjadi aksi anarkis di tengah aksi demonstrasi itu meski izin yang diajukan adalah demonstrasi damai.

Arus lalu lintas di sekitar kantor Agen Konsuler AS di Jalan Hayam Wuruk Denpasar lancar meski polisi menutup sementara arus lalu lintas dari arah selatan ke utara. Sedangkan arus dari arah utara menuju Sanur melalui Jalan Hayam Wuruk masih tetap dibuka.

Sementara itu petugas Hubungan Masyarakat Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) Natalis Bukega mengatakan bahwa pihaknya menuntut agar perusahaan tambang asal Amerika Serikat, Freeport ditutup.

"Kami desak tutup Freeport," kata petugas Hubungan Masyarakat Aliansi Mahasiswa Papua Natalis Bukega.

Mahasiswa dari Papua di Denpasar itu juga menuntut penghapusan sistem yang dinilai berlangsung di Bumi Cenderawasih, seperti kolonialisme dan imperialisme. Mereka juga mendesak agar militerisme di tanah Papua agar ditarik.

"Ini adalah aksi damai, aksi terhormat. Kami datang bukan karena sesuatu tetapi karena kami sayang alam dan rakyat kami. Amerika datang hanya untuk keuntungan," kata seorang perwakilan mahasiswa yang berorasi.

Dalam unjuk rasanya para mahasiswa itu juga membawa spanduk yang di antaranya bertuliskan "Tutup Freeport", "Tarik TNI dan Polri dari Tanah Papua", "Audit cadangan tambang dan kerusakan lingkungan". Sementara, tidak ada perwakilan dari Agen Konsuler AS yang keluar menemui para demonstran. (A.M)


    Category : Nasional    


    Tags :    


    Sumber : okezone.com



Akses Riauaksi.com Via Mobile m.riauaksi.com


0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 


  Terkini  



  Most Popular  



  Pilihan  


  Teknologi  


Honda Civic Hatchback Tebar Pesona
BANGKOK - Honda meluncurkan Civic hatchback di ajang Bangkok International Motor Show (BIMS) pada Selasa 28 Maret 2017. Mobil ini merupakan salah

  Olahraga  


Paolo Maldini Tak Berminat Jadi Pelatih
MILAN - Legenda AC Milan, Paolo Maldinitidak tertarik menjadi pelatih sepakbola, meski ia memiliki kesempatan tersebut. Maldini melihat pada

  Ekonomi Bisnis  


Memiliki Potensi, Banyak Ilmuwan Asing Lakukan Penelitian di Indonesia
JAKARTA - Produktivitas peneliti Indonesia perlu terus ditingkatkan. Tak cukup sampai di situ, hasil riset harus disertai dengan publikasi di jurnal

  English Version  


"Tree Man" cured of rare disease that gave him branchlike hands and feet
AFTER enduring 16 gruelling surgeries spanning a year, Bangladesh’s “Tree Man” has finally been cured. Adul

  Unik  


Kambing di Bogor Doyan Makan Uang dan Rendang
BOGOR - Kambing merupakan makhluk herbivora alias hewan pemakan tumbuhan. Namun, kambing betina milik Tati (49) ini berbeda dari kambing lainnya,