Senin, 20 Maret 2017 - 16:17:48

Aset Yayasan Supersemar Belum Juga Dieksekusi, Ada Apa?

    Gamanuel Yoga Elvradika Lien Hits : 37    

okezone.com


JAKARTA - Jaksa Agung HM Prasetyo menduga telah terjadi kelalaian dalam pelaksanaan putusan Mahkamah Agung (MA) terkait sita eksekusi aset Yayasan Supersemar senilai Rp4,4 triliun. Pasalnya, meski persyaratan telah dipenuhi, namun eksekusi belum juga dilakukan oleh eksekutor, yakni Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

"Kami menduga telah terjadi kelalaian di sini, karena eksekusi belum dilakukan," tegas Prasetyo dikutip dari laman JPNN, Senin (20/3/2017).

Menurut mantan politikus Nasdem itu, semua persyaratan sudah dipenuhi oleh pihaknya selaku jaksa pengacara negara (JPN). Namun, belum ada respons dari pihak eksekutor.

"Padahal seluruh persyaratan yang diminta eksekutor sudah dipenuhi. Anmaning sudah dibayar," jelasnya.

Pihaknya bahkan juga telah mendata seluruh aset Supersemar. Seperti tanah dan bangunan atau gedung, sesuai dengan nominal yang dicocokkan dalam putusan MA yakni sebesar Rp4,4 triliun.

Sementara itu, Humas PN Jaksel Made Sutrisna kepada wartawan sempat berdalih, eksekusi baru dapat dilakukan setelah biaya untuk kegiatan tersebut sudah diberikan kepada eksekutor.

Namun, ia tak menjelaskan secara rinci apakah pembayaran dengan cara dicicil oleh Korps Adhyaksa seperti saat ini bisa langsung dilaksanakan eksekusi. Dirinya juga pernah membantah biaya eksekusi yang diajukan Kejagung kepada pemerintah Rp2,5 miliar.

Sebagai informasi, pihak Yayasan Supersemar belum dapat memenuhi kewajiban membayar uang pengganti. Alasannya, ada utang belum dibayarkan sejumlah perusahaan yang menerima dana dari yayasan yang didirikan eks Presiden RI Soeharto tersebut. Pada putusan MA Nomor 2896 K/Pdt/2009 disebutkan bahwa Bank Duta sempat menerima uang sejumlah USD 420 juta dari Supersemar. (A.M)


    Category : Nasional    
    Tags        : #nasional    
    Sumber  : okezone.com


0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 




  Terupdate  






  Most Populer