Sabtu, 25 Maret 2017 - 16:17:34

Memiliki Potensi, Banyak Ilmuwan Asing Lakukan Penelitian di Indonesia

    Gamanuel Yoga Elvradika Lien Hits : 20811    

okezone.com


JAKARTA - Produktivitas peneliti Indonesia perlu terus ditingkatkan. Tak cukup sampai di situ, hasil riset harus disertai dengan publikasi di jurnal bereputasi internasional.

Dirjen Sumber Daya Iptek Dikti (SDID) Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti), Ali Ghufron Mukti menyebut, potensi yang ada di Indonesia kerap dijadikan bahan penelitian ilmuwan asing. Namun, profesor di Tanah Air sendiri belum banyak yang mengembangkannya.

"Seorang chief editor sebuah jurnal internasional bidang kesehatan sampai heran kenapa ilmuwan Indonesia yang luar biasa dan punya banyak potensi hampir tidak terdengar keilmuannya. Hampir 60 persen penelitian tentang Indonesia dalam jurnal internasional malah bukan ditulis oleh orang Indonesia," paparnya, baru-baru ini.

Ghufron mengungkapkan, program World Class Professor bisa dimanfaatkan untuk melakukan kerjasama antarpeneliti. Sehingga, temuan akan meningkat dan ada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang menguntungkan Indonesia.

"Dalam program ini ada sekira 70 profesor kelas dunia yang dilibatkan, termasuk dari Indonesia sendiri. Tahun ini program juga dilakukan di kampus swasta," terangnya.

Dengan program ini, lanjut dia, juga sekaligus menjawab Permenristekdikti Nomor 20 Tahun 2017 Tentang Tunjangan Profesi Dosen dan Tunjangan Kehormatan Profesor. Sebab, jika tidak produktif, maka tunjangan profesor bisa dipangkas.

"Ini memberi fasilitas kepada lektor dan lektor kepala untuk membuat publikasi. Dari segi penguasaan bahasa Inggris, konten, metodologi, difasilitasi," tandasnya. (A.M)


    Category : Ekonomi Bisnis    
    Tags        : #nasional    
    Sumber  : okezone.com


0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 








  Terkini  



  Most Popular  



  Teknologi  




Malas Bersihkan Rumah, Aplikasi Ini Bisa Bantu Anda

  Ekonomi Bisnis  




Rupiah Menguat Terpengaruh Suku Bunga BI