Kamis, 13 April 2017 - 13:28:55

10 Tahun Diterapkan, Penghapusan Minyak Tanah Hemat Rp197 Triliun

    Depi Putra Yanto Hits : 164    

Okezone.com


JAKARTA - Bank Indonesia (BI) dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyepakati untuk memperluas kerjasama, antara lain menyalurkan subsidi non tunai untuk Elpiji tabung ukuran 3 kilogram(Kg). BI meyakini penyaluran melalui kartu elektronik bisa lebih efektif dari yang dilakukan sebelumnya.

Gubernur Agus Martowardojo mengatakan, perluasan kerjasama dengan Kementerian ESDM memang perlu dilakukan. Sebab, subsidi energi memiliki dampak besar pada keuangan negara, contohnya saat konversi minyak tanah ke gas elpiji.

 

"Pada 2007 konversi minyak tanah ke LPG 3 kg dilakukan. Dalam kurun waktu 10 tahun, menurut catatan BI sampai saat ini konversi itu sudah bisa buat saving Rp197 triliun. Itu hanya karena komitmen kita tidak pakai minyak tanah lagi dan menggunakan LPG," ucapnya dalam penandatanganan MoU antara BI dengan Kementerian ESDM, di Kawasan BI, Jakarta, Kamis (13/4/2017).

Potensi saving pun bisa terulang pada penyaluran subsidi LPG 3 kg yang maksimal. Menurut catatan BI ada sekira 57 juta tabung LPG yang artinya ada 57 juta pengguna. Tapi setelah dilakukan kajian, 57 juta pengguna tidak semuanya layak menerima subsidi atau masuk kategori masyarakat mampu.

"Catatan kita dari 57 juta itu mungkin 25,7 juta yang layak terima dan pantas mendapat bantuan. Oleh karena itu ini potensi memaksimal penyaluran subsidi yang tepat sasaran. Caranya subsidi konkret diberikan pemerintah ditaruh melalui Kartu Keluarga Sejahtera,"tuturnya.

Guna menyalurkan subsidi non tunai tersebut, BI sudah siapkan 4 tahapan utama yaitu registrasi atau pembukaan rekening, edukasi dan sosialisasi, penyaluran, serta penarikan dana atau pengambilan subsidi di outlet bank penyalur yang telah ditentukan, seperti agen bank dan ATM.

Sementara itu, untuk mendukung kesiapan operasional penyaluran subsidi energi, BI bersama OJK akan mendorong 4 Bank Himbara di antaranya BNI, BRI, Mandiri, dan BTN, untuk mempersiapkan jaringan keagenan dan mengembangkan inovasi kartu kombo (Kartu Keluarga Sejahtera/KKS) yang mengintegrasikan berbagai jenis bantuan ke dalam satu kartu.(FY)


    Category : Nasional    
    Tags        : #nasional    
    Sumber  : Okezone.com


0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 




  Terupdate  






  Most Populer