Kamis, 13 April 2017 - 13:36:34

Jonan Sebut Jika Tak Dibatasi Subsidi Elpiji 3 Kg Tembus Rp40 Triliun

    Depi Putra Yanto Hits : 1029    

Okezone.com


JAKARTA - Uji coba distribusi tertutup Elpiji tabung ukuran 3 kilogram (kg) sudah diterapkan di Kota Tarakan, dengan hasil berhasil. Namun, distribusi tertutup ini dinilai memakan waktu panjang jika diterapkan di Indonesia. Alhasil diperlukan cara lain supaya distribusi gas bersubsidi ini bisa tepat sasaran.

Menteri ESDM Ignasius Jonan mengatakan, setelah melakukan diskusi dengan Menteri Keuangan (Sri Mulyani) beberapa waktu lalu, disampaikan adanya kekhawatiran dalam penyaluran subsidi untuk gas 3 kg. Jika subsidi disalurkan dalam bentuk fisik di lapangan, maka akan sulit mengontrol apakah masyarakat yang kurang mampu yang mendapatkan subsidinya.

 

"Distribusi tetrtutup di Tarakan berhasil, tapi karena kita negara kepulauan maka itu akan sangat panjang waktunya. Jadi opsi kami usulkan masukan saja subsidinya pada Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Selain itu ini membantu program cashless BI juga," ujarnya dalam penandatanganan kerjasama BI dengan KESDM, di Jakarta, Kamis (13/4/2017).

Menurut Jonan, cara pemberian subsidi dengan kartu elektronik bisa efisien. Tinggal melihat data TNP2K siapa saja yang layak menerima alokasi subsidi untuk gas LPG dan listrik yang sedang dimatangkan datanya.

"Tahun ini alokasi Rp20 triliun, kalau ini dilepas seperti gini (subsidi langsung) prediksi saya sampai akhir tahun subsidi membengkak Rp30 triliun. Kalau terus dibiarkan bisa Rp40 triliun tahun depan," tuturnya.(FY)


    Category : Olahraga    
    Tags        : #nasional    
    Sumber  : Okezone.com


0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 








  Terkini  



  Most Popular  



  Teknologi  




Resmi Dijual di Indonesia, Ini Harga Xiaomi Redmi Note 4

  Ekonomi Bisnis  




Komisi IV DPRD Kampar Kunjungan Kerja Ke Diskominfotik Riau