Kamis, 11 Mei 2017 - 16:04:54

15 Destinasi MICE Indonesia Dipromosikan di Frankfurt

    Gamanuel Yoga Elvradika Lien Hits : 1598    

republika.co.id


JAKARTA -- Indonesia mempromosikan 16 destinasi wisata Meetings, Incentives, Conventions, and Exhibitions (MICE) dalam ajang IMEX Frankfurt pada 16-18 Mei 2017 di Jerman.

Asisten Deputi Pengembangan Pasar Eropa, Timur Tengah, Amerika dan Afrika Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Nia Niscaya di Jakarta, Kamis, mengatakan sebanyak 16 destinasi wisata MICE unggulan di Indonesia akan dipromosikan dalam ajang IMEX Frankfurt 2017.

"Indonesia sudah semakin diperhitungkan sebagai destinasi MICE dunia. Indonesia menawarkan tema-tema dan fasilitas lengkap di tengah kota atau resor di pulau-pulau dengan budaya, keindahan alam dengan layanan standar internasional di 16 destinasi MICE unggulan," kata Nia Niscaya.

Dalam ajang tersebut, sebanyak 16 destinasi MICE unggulan Indonesia dipromosikan yakni Jakarta, Bali, Surabaya, Medan, Batam, Padang, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Makassar, Manado, Solo, Lombok, Bintan, Palembang, dan Balikpapan.

Selain itu, beberapa hotel di Indonesia juga secara rutin telah masuk dalam daftar hotel terbaik di dunia dan seluruhnya sangat sesuai untuk menjadi penyelenggara event tingkat internasional dengan fasilitas terbaik.

"Dalam IMEX Frankfurt 2017, Indonesia akan melibatkan 16 pelaku industri MICE yang terdiri dari tiga convention halls, hotel, DMC, dan operator tour yang akan memfasilitasi bukan sekadar event MICE tapi juga leisure dan program pendukungnya," kata Nia Niscaya.

Bahkan untuk melengkapi pertemuan dagang dan bisnis, Indonesia akan menggelar grup presentasi di Paviliun Indonesia dalam IMEX 2017. "Pada kesempatan itu Kemenpar RI dan Indonesia MICE Board akan memberikan informasi detil tentang keuntungan menggelar event MICE di Indonesia," katanya.

Sampai saat ini kesiapan Indonesia untuk menjadi tuan rumah beberapa kegiatan skala internasional telah dibuktikan dengan sejumlah event utama yang berhasil digelar di antaranya ASEAN Summit pada 2011, ASEAN Tourism Forum pada 2012, APEC Summit pada 2013, WorldEconomic Forum in 2015, 60th Commemorative Asian-African Conference pada 2015, dan World Islamic Economic Forum(WIEF) pada 2016.

Ke depan tidak lama lagi Indonesia akan menjadi tuan rumah The 2018 IMF-World Bank meeting pada Oktober 2018 di Bali dengan 13.000 orang dari 189 negara diperkirakan akan berpartisipasi dalam event tahunan tersebut meliputi delegasi resmi negara, pengamat internasional, akademisi, jurnalis, dan perwakilan LSM. Setidaknya 30.000 orang diperkirakan akan berkunjung ke Bali pada Oktober tahun depan.

Kegiatan besar lain yang akan digelar yakni Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang yang diperkirakan akan dihadiri 15.000 atlet dan delegasi dari 45 negara anggota Olympic Council of Asia (OCA).

Nia mengatakan sebagai destinasi MICE utama, Jakarta dan sekitarnya dilengkapi dengan ruang pertemuan yang representatif di antaranya Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta International Expo (JIExpo), dan Indonesia Convention Exhibition (ICE).

ICE misalnya didesain sebagai pusat konvensi dan pameran terbesar dan terluas terbentang di area 220.000 meter persegi dengan 10 exhibition halls terdiri dari 50.000 meter persegi, 4.000 meter persegi convention hall, 50.000 meter persegi ruang pamer outdoor, 12.000 meter persegi convenient pre-function lobby, dan 33 ruang rapat untuk rapat kecil ataupun besar. Fasilitas itu didukung kapasitas parkir mencapai 5.000 kendaraan.

Lokasi yang lain seperti JIExpo menawarkan area indoor yang fleksibel dari 2.000-4.000 meter persegi dan area outdoor hingga 60.000 meter persegi yang sangat sesuai untuk menjadi tempat ekshibisi, konser, dan konvensi.

Sedangkan JCC yang juga dikenal sebagai Balai Sidang Jakarta Convention Center berlokasi di kompleks olahraga Gelora Bung Karno yang terdiri dari plenary hall dengan 5.000 kursi, assembly hall dengan area 3.921 meter persegi, dan 13 ruang meeting dengan ukuran bervariasi. "Fasilitas inilah yang kami coba untuk promosikan dalam ajang IMEX 2017 di Frankfurt," katanya.

IMEX merupakan ekshibisi skala dunia untuk travel insentif, meeting, dan bisnis yang didisain dengan menghadirkan layanan bisnis dan solusi, layanan dan solusi travel, layanan kegiatan manajemen, dan fasilitas pendukungnya.


    Category : Ekonomi Bisnis    
    Tags        : #Ekonomi Bisnis    
    Sumber  : republika.co.id


0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 








  Terkini  



  Most Popular  



  Teknologi  




Resmi Dijual di Indonesia, Ini Harga Xiaomi Redmi Note 4

  Ekonomi Bisnis  




Komisi IV DPRD Kampar Kunjungan Kerja Ke Diskominfotik Riau