Jumat, 19 Mei 2017 - 11:31:42

Besok, 1.198 Mahasiswa UIR di Wisuda

    Gamanuel Yoga Elvradika Lien Hits : 112    

***mcr


PEKANBARU -  Bila tak aral melintang, Sabtu (20/5) besok, Universitas Islam Riau kembali melaksanakan wisuda sarjana ke 72 dan wisuda pascasarna ke 35. Sebanyak 1.198 mahasiswa yang terdiri dari lulusan sarjana dan magister akan di wisuda pada periode II 2017 ini.

Wakil Rektor I Bidang Akademik Universitas Islam Riau, Dr. Nurman, S.Sos., M.Si, di Gedung Rektorat UIR menjelaskan, segala persiapan untuk pelaksanaan wisuda tersebut sudah disiapkan secara matang.

“Insya Allah besok kita akan melaksanakan wisuda sarjana ke 72 dan wisuda pascasarjana ke 35,” ungkap Dr. Nurman, S.Sos, MSi, Jumat (19/5/2017.

Wakil Rektor I UIR ini juga menjelaskan, jumlah peserta pada wisuda periode II 2017 ini lebih sedikit bila dibandingkan dengan periode I Febaruari 2017 lalu dimana jumlah peserta wisuda saat itu sebanyak 1.538 mahasiswa baik sarjana maupun pascasarjana. Sedangkan pada periode II ini total jumlah peserta wisuda sebanyak 1.198 mahasiswa dengan rincian sebanyak 1.125 program sarjana sarjana dan sebanyak 73 mahasiswa dari program pascasarjana.

Peserta wisuda dari program sarjana menempatkan Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) sebagai peserta terbanyak, dengan jumlah peserta wisuda 492 orang, urutan kedua peserta wisuda terbanyak adalah Fakultas Hukum dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) yakni masing-masing sebanyak 133 mahasiswa. Peserta wisuda terbanyak ke tiga yakni dari Fakultas Teknik sebanyak 132 mahasiswa.

Kemudia berturut-turut adalah Fakultas Ekonomi (Fekon) 121 mahasiswa, Fakultas Agama Islam (FAI) 41 mahasiswa, Fakultas Ilmu Komunikasi 31 mahasiswa, Fakultas Pertanian (Faperta) 24 mahasiswa dan Fakultas Psikologi sebanyak 18 mahasiswa.

“Setiap kali wisuda peserta terbanyak memang selalu dari FKIP. Ini biasanya mereka punya prodi terbanyak dan mahasiswa terbanyak pula,” kata Nurman.

Dosen Fisipol ini juga menyebutkan pemuncak wisudawan pada fakultas adalah dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) terendah adalah 3,66 dari Fakultas Psikologi atas nama mahasiswa Sonia Sares, pemuncak wisudawan berikutnya adalah dari Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam dengan IPK 3,78 atas nama Resti Ruskarini, berikutnya adalah dari Prodi Ilmu Komunikasi atas nama Desi Sawitri dengan IPK 3,79. Pemuncak fakultas dari Prodi Agroteknologi Faperta atas nama Tri Hardianto Abrian dengan IPK 3.82.

Selain itu terdapat dua wisudawan pemuncak fakultas dengan IPK 3,91 atas nama Surya Ramadhan dari Prodi Manajemen Fekon dan atas nama Esy Ruskarini dari Fakultas Hukum. Wisudawan yang menjadi pemuncak fakultas berikutnya adalah Muliono dari Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP dan Silpanenda dari Prodi Ilmu Pemerintahan Fisipol keduanya memiliki IPK 3,93.

Sementara itu dari Fakultas Teknik menoreh prestasi yang sangat membanggakan pada wisuda periode ini dengan meraih IPK tertinggi yakni dengan IPK 4.00 atas nama Fiki Angga Putra dari prodi Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota. Anak dari I Putu Saputra ini tidak hanya menjadi pemuncak pada fakultas ia juga pemuncak pada tingkat universitas.

“Periode I 2017 lalu pemuncak universitas juga berasal dari Fakultas Teknik waktu itu dengan IPK 3,91 atas nama Rosna Yuliza dari program studi Teknik Perminyakan. Nah! Wisuda periode II ini dari Fakultas Teknik Lagi yang muncul yaitu dari prodi Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota. Jadi ini suatu yang sangat membanggakan karena kita lihat prestasi dalam raihan IPK terus meningkat,” jelas Dia.

Nurman mengharapan, setiap fakultas terus berlomba memacu prestasi akademik pada mahasiswa. Sehingga lulusan UIR nantinya juga akan lebih berkualitas dan akan ilmu yang telah diberikan bisa bermanfaat tidak hanya bagi dirinya, tapi juga bagi masyarakat umum.


    Category : Riau    
    Tags        : #advertorial    
    Sumber  : ***mcr


0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 




  Terupdate  






  Most Populer