Selasa, 11 Juli 2017 - 22:19:37

Buka Bimbingan Manasik Haji, Bupati Minta Jamaah Siapkan Fisik Dan Mental

    Michael B. Bara Hits : 11173    

***mcr


PELALAWAN - Sebagai bentuk penyempurnaan ibadah haji di Tanah Suci nanti, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan mengelar acara bimbingan manasik haji 2017 yang diikuti oleh 401 Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Pelalawan. Kegiatan manasik haji dibuka langsung oleh Bupati Pelalawan HM Harris didampingi Kepala Kantor wilayah (Kakanwil)  Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Riau Drs H Ahmad Supardi MA di gedung daerah Datuk Laksamana Mangkudilaga, Senin (10/7) kemarin.
         
Dalam sambutannya, Bupati Pelalawan HM Harris mengatakan, bahwa ibadah haji merupakan rukun islam yang kelima dilaksanakan oleh setiap kaum muslimin yang mampu. Dikatakan mampu bukan berarti secara materi saja, namun dalam kaitan sebagai tamu Allah juga memiliki kematangan jiwa serta pengendalian diri dalam kedewasaan secara emosional. Berkaitan dengan pelaksanaan manasik haji yang dilaksanakan oleh pemerintah Kabupaten Pelalawan bekerjasama dengan Kementerian Agama Pelalawan, adalah untuk memberikan bimbingan kepada jamaah calon haji dalam melaksanakan ibadah haji.
       
"Untuk itu, maka saya minta agar para JCH Pelalawan dapat menyiapkan diri, dalam melaksanakan ibadah haji, baik persiapan fisik maupun mental. Disamping itu juga pemahaman tentang tata cara pelaksanaan haji. Saya berpesan kepada JCH supaya dapat mengikuti kegiatan manasik haji ini dengan sungguh-sungguh," ujarnya. 
          
Lanjutnya, manasik haji ini dilaksanakan dengan tujuan agar para jamaah nantinya lebih siap dan mandiri melaksanakan ibadah haji. Dan apabila ada keraguan atau hal-hal yang belum dipahami secara baik, jangan malu untuk ditanyakan kepada narasumber.
      
"Jadi, saya menghimbau kepada jemaah haji, jangan pernah malu untuk bertanya kepada pendamping haji bila tidak mengerti selama di tanah suci nantinya. Dan kepada narasumber atau pengajar, berikanlah bimbingan dan ilmu yang berhubungan dengan pelaksanaan haji kepada JCH dengan baik dan sempurna. Sehingga JCH Kabupaten Pelalawan memperoleh haji yang mabrur dan mabrurrah," sebutnya. 
          
Sementara itu, Kepala Kantor wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Riau Drs H Ahmad Supardi MA melalui Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Pelalawan HM Rais SAg MPdi mengatakan, JCH kabupaten Pelalawan tahun ini sebanyak 401 orang JCH yang didominasi oleh warga kecamatan Pangkalan Kerinci sebanyak 100 orang. 
        
"Sedangkan JCH yang paling sedikit yakni dari kecamatan Kuala Kampr sebanyak 3 orang JCH. Dan sisanya sebanyak 298 orang JCH berasal dari kecamatan lainnya yang ada dikabupaten Pelalawan. Untuk JCH laki-laki sebanyak 189 orang dan perempuan sebanyak 212 orang. Dimana nantinya para JCH Pelalawan ini akan tergabung dalam kloter 6 dan kloter 7," tuturnya.
       
Sambungnya, dari 401 orang, ada sebanyak 1 orang JCH Pelalawan yang berumur 80 tahun dengan resiko tinggi atas nama Saiyah Binti Mak Atim dari Kecamatan Teluk Meranti. Sedangkan yang termuda berumur 24 tahun atas nama Decky Zulma Bin Zulyadin Razali dari Kecamatan Pangkalan Kerinci.
      
"Dan untuk mengantisipasi kesehatan masyarakat, maka kita telah melakukan kerjasama dengan pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Pelalawan untuk memberikan pembekalan dan penyuluhan kebugaran haji bagi jemaah haji Pelalawan sampai saat ini. Pasalnya, tanpa kondisi kesehatan yang bagus, maka niscaya prosesi ritual peribadatan menjadi tidak maksimal. Untuk itu, setiap calon jemaah haji kita imbau dapat terus mempersiapkan diri agar memiliki status kesehatan optimal dan mempertahankannya. Dengan demikian, maka pelaksanaan ibadah haji nantinya dapat berjalan lancar," pungkasnya.


    Category : Riau    
    Tags        : #advertorial    
    Sumber  : ***mcr


0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 








  Terkini  



  Most Popular  



  Teknologi  




Sembuhkan Kecanduan Ponsel dengan Ubah Layar Jadi Abu

  Ekonomi Bisnis  




Misi Dagang ke Asia Selatan, Mendag Bawa 61 Pengusaha