Selasa, 18 Juli 2017 - 09:33:17

Maraknya Belanja Online Jadi Pemicu PHK Pekerja Ritel

    Michael B. Bara Hits : 682    

tirto


Berkembang pesatnya belanja online atau dalam jaringan (daring) menjadi salah satu penyebab maraknya pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap para pekerja ritel. Hal itu disampaikan ahli ekonomi mikro, Dr James Adam itu terkait dengan antisipasi pemerintah terhadap PHK ribuan pekerja ritel.

"Pelaku usaha ritel mengakui kesulitan dengan kondisi (belanja online dominasi belanja konvensional) yang tengah dialami industri jenis ini sampai merambat ke para pekerja ritel di-PHK akibat lemahnya daya beli masyarakat secara langsung ke ritel," kata James Adam, di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) Senin (17/7/2017).

Sementara itu, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo), Roy Mandey mengatakan, terjadinya PHK ribuan pekerja ritel sudah terjadi sejak awal tahun 2017.

Ia merincikan, sekitar 2.000 PHK terjadi saat gerai 7-Eleven berhenti beroperasi di Indonesia. Selain itu adapula seribu PHK lainnya yang menyebar di seluruh gerai toko serba ada (toserba) skala besar.

Namun demikian, ia mengatakan fenomena belanja secara online atau daring yang kini meningkat tidak menjadi ancaman bagi keberadaan mal, tetapi justru akan memberikan manfaat bagi keduanya apabila disinergikan dengan tepat.

"Keberadaan belanja daring jelas menjadi ancaman bagi pusat perbelanjaan konvensional, sehingga dalam hitungan bisnis harus ada revisi strategi dan daya saing," kata Roy dikutip dari Antara.

Ia bahkan mengatakan, memaksimalkan aplikasi media sosial (medsos) bisa menjadi upaya yang sangat baik untuk mempromosikan pusat perbelanjaan.

Ia melanjutkan, dengan promosi melalui medsos, maka akan dapat menunjukkan tampilan yang menarik serta tawaran diskon yang membuat orang semakin ingin berbelanja.

Roy mengatakan pihak Aprindo juga harus kreatif dan bertanggungjawab terhadap karyawan dengan menyalurkan ke perusahaan yang mejadi mitra apakah konvensional maupun daring.

Untuk diketahui, penerapan mekanisme belanja daring dinilai semakin meningkat di masyarakat, bahkan sebelumnya dalam perayaan HUT ke-490 Kota Jakarta pada 2017, juga ada Festival Jakarta Great Online Sale.


    Category : Ekonomi Bisnis    
    Tags        : #Ekonomi Bisnis    
    Sumber  : tirto


0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 


  Terkini  



  Most Popular  



  Pilihan  


  Teknologi  


LG Bakal Rilis Dua Versi V30, Apa Bedanya?
LG dikabarkan akan segera merilis dua varian smartphone premium miliknya di akhir Agustus ini. Hal ini diketahui melalui undangan yang disebarkan LG

  Olahraga  


18-20 Agustus, 17 Atlet Lemkari Inhil Ikuti Kejuaraan Karate Tingkat Sumatera
TEMBILAHAN,Riauaksi.com - Sebanyak 17 atlet Lembaga Karate Republik Indonesia (Lemkari) Kabupaten Indragiri (Inhil) akan mengikuti kejuaraan karate

  Ekonomi Bisnis  


Harga Emas Antam Rp614.000/Gram, Naik Rp6.000
JAKARTA,Riauaksi.com  - Sehari paska HUT RI, harga emas yang dijual PT Aneka Tambang (Persero) Tbk (Antam) naik Rp6.000 per gram menjadi

  English Version  


This startup went from retrieving stolen cars to rewarding good drivers
A stolen vehicle, a two-hour search, and catching car thieves. That’s how Syed Ahmad Fuqaha, managing director and founder at driving

  Unik  


Tempat-Tempat Terlarang bagi Perempuan
Anda yang beragama Islam tentu tahu bahwa dalam Islam ada yang meyakini bahwa wanita yang sedang menstruasi tak boleh memasuki