Selasa, 01 Agustus 2017 - 16:28:10

CEO Telegram Pavel Durov Akhirnya Bertemu Rudiantara

    Michael B. Bara Hits : 1215    

tirto


Pavel Durov, CEO Telegram, akhirnya bertemu dengan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara di kantor Kemenkominfo, Jakarta, Selasa (1/8/2017).

Pavel, datang ke kantor Kominfo, dengan menumpang mobil dinas Rudiantara. Dalam keterangan persnya, Rudiantara mengungkapkan bahwa ia baru saja melaksanakan santap siang dengan Durov.

"Kita mau rapat dulu untuk pembuatan SOP, komunikasi lanjut, siapa orang-orangnya agar kita bisa cepat-cepat mencabut pemblokiran Telegram," ungkap Rudiantara kala menyambut para awak media yang menunggunya.

Rudiantara, tidak memberikan keterangan lebih lanjut. Ia segera bergegas menuju ruang rapat dan melakukan pembicaraan dengan Durov.

Pertemuan Durov dengan Menkominfo, merupakan imbas dari diblokirnya 11 DNS (Domain Name Server) Telegram pada medio Juli lalu.

Pemblokiran DNS Telegram, terkait dengan penggunaan platform tersebut oleh pihak-pihak yang terkait dengan terorisme dan radikalisme. Penggunaan Telegram oleh kalangan tersebut, diketahui karena Telegram, menerapkan enkripsi yang baik dan fokus pada privasi penggunanya.

Namun, meskipun disukai kalangan radikal, Telegram juga digunakan masyarakat luas lainnya. API (Aplication Programming Interface) Telegram, banyak dipakai kalangan komunitas untuk mempermudah keseharian mereka.

Sementara itu, staf ahli Kementerian Komunikasi dan Informatika Henry Subiakto mengakui bahwa Kemenkominfo membuka lebar kesempatan Telegram untuk beroperasi kembali di Indonesia.

Henry mengatakan meski sempat dicap sebagai saluran penyebaran terorisme, Telegram dikatakan sudah menjalin kesepakatan kerjasama dengan pemerintah, Sabtu (29/7/2017). 

Menurut pemaparan Henry, Telegram sudah setuju untuk mengadakan negosiasi dengan pemerintah. Meski tidak merinci kapan Telegram akan kembali aktif di Indonesia, Henry memaparkan bahwa Kemenkominfo siap menyambut kembali. Sebagian besar negosiasi berjalan lancar dan sudah disetujui oleh pemerintah.


    Category : Teknologi    
    Tags        : #teknologi    
    Sumber  : tirto


0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 


  Terkini  



  Most Popular  



  Pilihan  


  Teknologi  


LG Bakal Rilis Dua Versi V30, Apa Bedanya?
LG dikabarkan akan segera merilis dua varian smartphone premium miliknya di akhir Agustus ini. Hal ini diketahui melalui undangan yang disebarkan LG

  Olahraga  


18-20 Agustus, 17 Atlet Lemkari Inhil Ikuti Kejuaraan Karate Tingkat Sumatera
TEMBILAHAN,Riauaksi.com - Sebanyak 17 atlet Lembaga Karate Republik Indonesia (Lemkari) Kabupaten Indragiri (Inhil) akan mengikuti kejuaraan karate

  Ekonomi Bisnis  


Harga Emas Antam Rp614.000/Gram, Naik Rp6.000
JAKARTA,Riauaksi.com  - Sehari paska HUT RI, harga emas yang dijual PT Aneka Tambang (Persero) Tbk (Antam) naik Rp6.000 per gram menjadi

  English Version  


This startup went from retrieving stolen cars to rewarding good drivers
A stolen vehicle, a two-hour search, and catching car thieves. That’s how Syed Ahmad Fuqaha, managing director and founder at driving

  Unik  


Tempat-Tempat Terlarang bagi Perempuan
Anda yang beragama Islam tentu tahu bahwa dalam Islam ada yang meyakini bahwa wanita yang sedang menstruasi tak boleh memasuki