Jumat, 11 Agustus 2017 - 11:43:26

Harga Cabai dan Ayam Merangkak Naik

    Habibi Muthalib Hits : 2526    

riaupos.co


Pekanbaru,Riauaksi.com - KENDATI pelaksanaan hari raya Idul Adha 1438 Hijriyah masih tiga pekan lagi, namun harga sejumlah bahan pokok mulai merangkak naik. Seperti harga cabai merah keriting yang sebelumnya Rp26 ribu menjadi Rp30 ribu, dan ayam potong sebelumnya Rp27 ribu menjadi Rp32 ribu per kilogramnya.

Seperti di Pasar Rumbai Pesisir, harga cabai, ayam potong, ikan, bawang merah dan beberapa bahan kebutuhan pokok lainnya merangkak naik.

‘’Itu dua minggu yang lalu harga cabai merah keriting hanya Rp26 ribu, sekarang Rp30 ribu per kilogram. Termasuk ayam potong satu minggu yang lalu hanya Rp25 ribu, sekarang jadi Rp32 ribu,’’ ujar Umi, salah seorang pembeli di Pasar Rumbai Pesisir, Kamis (10/8).

Sedangkan di Pasar Pagi Panam yang menjadi salah satu pasar tradisional juga mulai mengalami kenaikan harga, baik cabai merah keriting dan ayam potong.

Pasar yang berada di Jalan HR Soebrantas ini merupakan salah satu pasar tradisional yang keberadanya tepat di jalur lintas barat, namun kerap kali di pasar ini mengalami kenaikan harga yang sangat signifikan.

Pantauan Riau Pos, di pasar ini harga cabai Bukittinggi mencapi Rp30 ribu per kilogram, sebelumnya hanya Rp25 ribu, tomat merah naik Rp10 ribu per kg dari harga Rp6 ribu, cabai rawit naik seharga Rp30 ribu per kg, sebelumnya Rp25 ribu per Kg, cabai hijau kerting naik menjadi Rp24 ribu per Kg sebelumnya Rp15 ribu per Kg serta ayam potong seharga Rp28 ribu per Kg dari harga Rp22 rbu per Kg. Kenaikan di pasar tradisional ini telah terjadi selalma 3 hari terakhir ini.

Diana (26) pedagang cabai di Pasar Pagi Panam saat disambangi Riau Pos mengatakan, kenaikan mulai terjadi selama tiga hari terakhir ini. Dirinya tidak mengetahui pasti alasan dari kenaikan ini, hanya saja seperti menjelang hari besar, harga komoditi utama di pasar tradisional mulai ikut naik. “Saya tidak tau kenapa bisa naik, cuma kenaikan ini sudah terjadi 3 hari terakhir ini,” ucapnya.Dirinya menambahkan, kenaikan harga yang terjadi di pasar ini bukan hanya terjadi pada cabai merah dan hijau saja namun juga pada harga daging ayam potong.

Salah seorang pedagang ayam potong di Pasar Pagi Panam, Afdal (30) kepada Riau Pos mengatakan bahwa harga ayam potong untuk hari ini naik jadi Rp28 ribu per kilogram.

‘‘Sudah naik dari sananya mau bagaimana lagi, kami juga mau untung. Ini mendekati hari-hari besar, makanya mulai mengalami kenaikan. Bisalah kan mau dekat Idul Adha, jadi semua pada naik termasuk ayam,’’ ujarnya.

Rina, pengunjung di Pasar Pagi Panam yang sedang memilih cabai ketika disambangi Riau Pos menuturkan, menjelang hari besar di pasar ini harga mulai terasa naik. Selama kenaikan tidak terlalu tinggi dan dibatas kewajaran dirinya masih tetap membeli cabai karena cabai juga salah satu hidangan wajib untuk keluarganya.

Mendengar kenaikan harga yang terjadi di Pasar Pagi Panam, pihak Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pekanbaru melalui Kepala Bidang Perdagangan, Masirba H Sulaiman kepada Riau Pos mengatakan, pihaknya mengimbau kepada para pedagang pasar yang ada di Kota Pekanbaru, agar tidak menaikan harga terlalu tinggi, sehingga membuat masyarakat merasa terbebani.

Jika harga yang dipatok oleh pedagang kepada konsumen diambang batas wajar, maka pemerintah akan mengintervensi dan menindak para pedagang pedagang nakal yang memainkan harga di pasaran.

“Kami berharap pedagang tidak naikkan harga sepihak,’’ ujarnya.


    Category : Ekonomi Bisnis    
    Tags        : #Ekonomi Bisnis,#Prov Riau    
    Sumber  : riaupos.co


0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 


  Terkini  



  Most Popular  



  Pilihan  


  Teknologi  


LG Bakal Rilis Dua Versi V30, Apa Bedanya?
LG dikabarkan akan segera merilis dua varian smartphone premium miliknya di akhir Agustus ini. Hal ini diketahui melalui undangan yang disebarkan LG

  Olahraga  


18-20 Agustus, 17 Atlet Lemkari Inhil Ikuti Kejuaraan Karate Tingkat Sumatera
TEMBILAHAN,Riauaksi.com - Sebanyak 17 atlet Lembaga Karate Republik Indonesia (Lemkari) Kabupaten Indragiri (Inhil) akan mengikuti kejuaraan karate

  Ekonomi Bisnis  


Harga Emas Antam Rp614.000/Gram, Naik Rp6.000
JAKARTA,Riauaksi.com  - Sehari paska HUT RI, harga emas yang dijual PT Aneka Tambang (Persero) Tbk (Antam) naik Rp6.000 per gram menjadi

  English Version  


This startup went from retrieving stolen cars to rewarding good drivers
A stolen vehicle, a two-hour search, and catching car thieves. That’s how Syed Ahmad Fuqaha, managing director and founder at driving

  Unik  


Tempat-Tempat Terlarang bagi Perempuan
Anda yang beragama Islam tentu tahu bahwa dalam Islam ada yang meyakini bahwa wanita yang sedang menstruasi tak boleh memasuki