Sabtu, 12 Agustus 2017 - 11:56:47

Bidik Ketum LAP, Ini Moti‎vasi Pengulu Mudo Syamsi MS

    Habibi Muthalib Hits : 249    

spiritriau.com


PELALAWAN,Riauaksi.com - Syamsi MS, memastikan diri maju mencalonkan diri sebagai Ketua Umum Lembaga Adat Petalangan‎ pada Musyawarah Besar (Mubes) pergantian tampuk pimpinan organisasi Adat yang digelar mulai 20 Agustus mendatang di Pangkalan Kerinci, Pelalawan, Riau.

Syamsi MS, di Lembaga Adat Petalangan (LAP) sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua Majelis Tinggi Hukum Adat Petalangan, berani mencalonkan diri sebagai Ketua Umum LAP merasa terpanggil untuk membenahi organisasi adat tersebut agar lebih bermarwah.

"Intinya saya siap maju dengan motivasi ingin menjaga dan melanjutkan eksistensi LAP ini yang telah diperjuangkan dengan susah payah oleh para orang-orang tua terdahulu. Organisasi ini harus dilanjutkan dengan visi dan misi yang jelas agar tuah dan marwahnya terus terangkat dan menjadi referensi yang bisa menjadi pengayom bagi anak kemenakan‎ dalam kawasan Petalangan ini," papar Syamsi MS, saat coffee morning dengan spiritriau.com dengan momen nan santai di Posko Sarapan Lontong, Desa Lubuk Terap, Kecamatan Bandar Petalangan, Pelalawan, Riau, Sabtu (12/8/2017).

Mengangkat tuah dan marwah para pemangku adat Petalangan yang terdiri dari 29 Pebatinan dalam kawasan Petalangan, sambung Syamsi MS yang mengemban gelar Pengulu Mudo Lubuk Keranji ini, akan dituangkan dalam program kerja nyata setelah ia terpilih dan diberi amanah memimpin LAP.

"Insya Allah tuah dan marwah yang merupakan batang tubuh di organisasi LAP, yang di isi oleh para Pemangku Adat‎ para Batin dan Pengulu setingkat Batin, akan kita angkat dan muliakan. Karena, sejatinya LAP ini milik mereka, Batin dan Pengulu setingkat Batin tersebut," jelas Syamsi MS, Birokrat tulen saat ini berdinas di Badan Perizinan Pelalawan.

Sambung Syamsi, LAP saat ini belum terdaftar di Lembaga Adat Melayu Provinsi Riau atau belum tersinkronisasi secara mutlak. Sebab itu, salah satu keinginannya agar LAP bisa disinkronkan dengan organisasi Adat Melayu Provinsi Riau.

"LAP akan kita sinkronkan dengan Lembaga Adat Melayu Provinsi Riau. Sehingga keberadaan LAP ini diakui, baik di Tingkat Provinsi Riau, maupun diakui secara nasional," ujarnya.

Masih banyak niat dan keinginan Syamsi bila ia diberi amanah memimpin LAP untuk lima tahun kedepannya (2016 - 2021) serta menginventarisir segala khasanah adat dan budaya khas Petalangan, agar lebih dikenal banyak pihak hingga membina generasi muda agar memahami dan mencintai budaya khas Petalangan.


    Category : Riau    
    Tags        : #pelalawan,#Prov Riau    
    Sumber  : spiritriau.com


0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 


  Terkini  



  Most Popular  



  Pilihan  


  Teknologi  


LG Bakal Rilis Dua Versi V30, Apa Bedanya?
LG dikabarkan akan segera merilis dua varian smartphone premium miliknya di akhir Agustus ini. Hal ini diketahui melalui undangan yang disebarkan LG

  Olahraga  


18-20 Agustus, 17 Atlet Lemkari Inhil Ikuti Kejuaraan Karate Tingkat Sumatera
TEMBILAHAN,Riauaksi.com - Sebanyak 17 atlet Lembaga Karate Republik Indonesia (Lemkari) Kabupaten Indragiri (Inhil) akan mengikuti kejuaraan karate

  Ekonomi Bisnis  


Harga Emas Antam Rp614.000/Gram, Naik Rp6.000
JAKARTA,Riauaksi.com  - Sehari paska HUT RI, harga emas yang dijual PT Aneka Tambang (Persero) Tbk (Antam) naik Rp6.000 per gram menjadi

  English Version  


This startup went from retrieving stolen cars to rewarding good drivers
A stolen vehicle, a two-hour search, and catching car thieves. That’s how Syed Ahmad Fuqaha, managing director and founder at driving

  Unik  


Tempat-Tempat Terlarang bagi Perempuan
Anda yang beragama Islam tentu tahu bahwa dalam Islam ada yang meyakini bahwa wanita yang sedang menstruasi tak boleh memasuki