Rabu, 27 September 2017 - 09:23:29

TPS Legal Solusi Atasi Sampah Warga

    Habibi Muthalib Hits : 22657    

Riaupos.co


Pekanbaru,Riauaksi.com - BANYAKNYA tumpukan sampah yang terdapat di Jalan HR Soebrantas membuat Kelurahan Tuah Madani Kecamatan Tampan, harus memutar otak ekstra keras. Pasalnya penutupan tempat pembuangan sementara (TPS) sampah ilegal dengan cara penanaman sejumlah pohon pelindung tampaknya kurang efektif. Karena masih banyak tumpukan sampah di sekitar pohon pelindung yang dilakukan oleh warga.

Lurah Tuah Madani Ahmad Juanidi mengatakan, saat ini pihaknya tengah mencari berbagai solusi penanganan sampah bersama seluruh ketua RT maupun RW, mulai dari pencarian lokasi TPS legal, sementara sistem pemilahan sampah yang dimulai dari rumah warga, hingga rencana penanaman pohon di lokasi eks TPS illegal.

Tak hanya itu, pihaknya juga sudah mensosialisikan kepada warga agar untuk sementara waktu ini, membuangan sampah di lahan kosong yang terdapat di depan pabrik minuman, sembari menemukan lokasi pembuatan TPS sampah bersama pihak DLHK. Dengan catatan warga diminta harus tepat waktu saat membuang sampah.


“Untuk sementara ini pusatnya di depan pabrik minuman. Karena kalau tidak ada TPS, warga kita mau buang sampah di mana? Bahkan warga perbatasan pun ikut membuang sampah di tempat kami,” ucapnya Lurah saat ditemui di ruangan kerjanya, Selasa (26/9).Saat ini, sebagian perumahan pengangkutan sampahnya dilakukan oleh pihak ketiga dengan membayar uang kebersihan sebesar Rp20 ribu per bulannya. Namun sampah yang ada masih dicampurkan menjadi satu dan belum dilakukan pemilahan sampah organik dan non organik.

Inilah yang sedang gencar disosialisaikan dirinya bersama Ketua RT setempat untuk mengubah pola pikir warga yang terbisa membuang sampah sembarangan dan tidak memikirkan pendapatan yang bisa diperoleh dari sampah ini.

“Selama sosialisasi ini, kami juga akan memberi arahan pada warga untuk memilah sampah organik dan non organik yang nantinya sampah itu bisa dijadikan pemasukan tambahan dari mereka melalui bank sampah kelurahan yang akan di buat nanti. Untuk semetara waktu ini, jika ada warga yang ingin menyetorkan sampah keringnya bisa langsung ke bank sampah kecamatan,” tambahnya.

Untuk penanaman pohon pelindung yang saat ini telah terjadi di eks TPS gerbang UIN, pihaknya akan meneruskan inovasi ini, kesetiap TPS ilegal yang nantinya akan juga dibenahi bersama warga setempat, sehingga dapat meminimalisir genangan air disaat hujan.


    Category : Riau    
    Tags        : #pekanbaru,#Prov Riau    
    Sumber  : Riaupos.co


0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 








  Terkini  



  Most Popular  



  Teknologi  




Perkuat Gopay, Gojek Caplok Kartuku, Midtrans dan Mapan

  Ekonomi Bisnis  




Rupiah Keok di Hadapan Yen dan Euro di November