Rabu, 11 Oktober 2017 - 15:37:42

Punya Aplikasi BDT PFM, Dinsos Riau Sajikan Data Kemiskinan Secara Online

    Habibi Muthalib Hits : 24961    

situsriau.com


PEKANBARU,Riauaksi.com  - Dinas Sosial (Dissos) Provinsi Riau kini telah memiliki aplikasi Basis Data Terpadu (BDT) Penanganan Fakir Miskin (PFM) yang dapat diakses secara online.

Kepala Dissos Riau, Dahrius Husein mengatakan, aplikasi BDT ini dibuat untuk memberikan kemudahan akses basis data terpadu yang berisikan data keluarga penerima manfaat program penanganan fakir miskin di Provinsi Riau kepada seluruh stakeholder terkait yang melakukan upaya menurunkan angka kemiskinan di Riau.

"Aplikasi ini dapat diakses dengan alamat website http/bansos-hibah.riau.go.id/pendudukmiskin/home," ungkap Dahrius, Senin (9/10/17).
Ia menguraikan, di dalam aplikasi ini tersusun basis data terpadu penanganan fakir miskin serta turunannya berupa Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Beras Sejahtera (Rastra) dan KPM Program Keluarga Harapan (PKH) secara BNBA (By Name by Address) untuk seluruh kabupaten/kota di Riau.

Sehingga, pengembangan aplikasi ini dapat dimanfaatkan untuk menghimpun bantuan yang diberikan dalam penanganan fakir miskin oleh stakeholder terkait seperti Dissos Riau dan kabupaten/kota, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Biro Administrasi Kesra, dan sebagainya.
"Disamping itu dapat pula digunakan oleh pemerintah daerah untuk melakukan verifikasi dan validasi data," ujarnya.

Adapun kategori fakir miskin itu sendiri, sesuai ketentuan Undang-undang Nomor 13 Tahun 2011 tentang Penanganan Fakir Miskin disebutkan bahwa fakir miskin adalah orang yang sama sekali tidak mempunyai sumber mata pencaharian atau mempunyai sumber mata pencaharian tetapi tidak mempunyai kemampuan memenuhi kebutuhan dasar yang layak bagi kehidupan dirinya dan keluarganya.

"Jadi kategori fakir miskin itu sudah disebutkan dalam undang-undang. Diperuntukkan bagi masyarakat yang tidak mampu memenuhi kebutuhan dasar yang layak bagi kehidupan dirinya dan keluarganya. Tidak bisa sembarang," tuturnya.


    Category : Riau    
    Tags        : #pekanbaru,#Prov Riau    
    Sumber  : situsriau.com


0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 








  Terkini  



  Most Popular  



  Teknologi  




Harbolnas, e-Commerce Pasang Target Transaksi Berkali Lipat

  Ekonomi Bisnis  




Kemenkeu Evaluasi Rencana Pemberian Rp 1,4 Miliar per Desa