Kamis, 12 Oktober 2017 - 15:48:01

Walau BPJPH Diresmikan, MUI Tetap Memiliki Kewenangan Soal Sertifikasi Produk Halal

    Habibi Muthalib Hits : 11713    

situsriau.com


PEKANBARU,Riauaksi.com  - Majelis Ulama Indonesia (MUI) tetap memiliki kewenangan terkait proses sertifikasi produk halal. Meski pun saat ini Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) telah diresmikan.

"Ada tiga kewenangan MUI meski sudah ada BPJPH," ujar Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin, di kantornya MH Thamrin, Jakarta, Rabu (11/10/17).

Menurutnya, tiga peran MUI terkait sertifikasi halal tersebut di antaranya, penerbitan surat rekomendasi produk halal yang nanti ditindaklanjuti BPJPH. "Sebelum BPJPH mengeluarkan sertifikasi halal, harus ada keputusan MUI terkait dengan kehalalan produk tersebut," kata Lukman.

Selanjutnya, terang Lukman, MUI tetap memiliki peran untuk mengeluarkan fatwa halal terhadap produk yang didaftarkan di BPJPH. Selain itu, MUI memiliki peran tidak tergantikan untuk mengeluarkan sertifikasi terhadap Lembaga Pemeriksa Halal (LPH), yaitu organisasi auditor produk halal. "Auditor-auditor yang terkait ini harus mendapat persetujuan dari MUI," lanjutnya lagi.

Lukman menambahkan, BPJPH yang bekerja sama dengan MUI akan memainkan peranannya untuk menerbitkan sertifikasi halal dan melakukan pengawasan produk di Indonesia. Dengan begitu, penegakan hukum terkait Undang-Undang (UU) JPH menjadi lebih terjamin dari sebelumnya. Ujungnya, kata dia, terdapat perlindungan umat Islam terhadap paparan produk tidak halal sekaligus meningkatkan daya saing produk.

Sementara Kepala BPJPH Sukoso, mengatakan, lembaganya berwenang untuk meregistrasi produk halal didalam dan luar negeri, mencabut label halal, memeriksa akreditasi LPH, dan mengupayakan penegakkan hukum apabila ditemukan pelanggaran terkait produk halal.

Dia mengatakan, badan yang dipimpinnya itu bersinergi dengan MUI untuk tata kelola yang baik terkait UU JPH. Dengan kerja sama yang baik itu akan menjadi alat penting untuk akses pasar dan meningkatkan daya saing produk lewat sertifikasi produk.

"Kerja sama yang baik untuk pelayanan JPH dengan transparansi standar halal ini, dengan komunikasi yang baik menjadikan JPH memberi nilai tambah terciptanya daya saing produk," ucapnya.


    Category : Riau    
    Tags        : #pekanbaru,#Prov Riau    
    Sumber  : situsriau.com


0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 








  Terkini  



  Most Popular  



  Teknologi  




Malas Bersihkan Rumah, Aplikasi Ini Bisa Bantu Anda

  Ekonomi Bisnis  




Rupiah Menguat Terpengaruh Suku Bunga BI