Selasa, 18 Juni 2013

Bawaslu Buka Kesempatan Bagi Masyarakat Melaporkan Bacaleg

admin - Riau Aksi - [ 108 ]

PEKANBARU, RIAUAKSI.com-Setelah Daftar Calon Sementara (DCS) diumumkan pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 13 Juni lalu, masyarakat diberikan kesempatan untuk memberikan masukan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Riau, terkait informasi tentang Bakal Calon Legislati (Bacaleg) di dapil masing-masing.

Komisioner KPU Riau, Fitri Heriyanti melalui rilis yang diterima Riauaksi, Selasa (18/6/2013) mengatakan, uji publik atau tanggapan dari masyarakat sudah dimulai sejak tanggal 14 Juni hingga 27 Juni 2013. Fitri menghimbau, agar masyarakat pro-aktif memberikan informasi terkait informasi yang diketahui tentang bacaleg ke Bawaslu Riau.

"Kita himbau kepada masyarakat agat memberikan masukan kepada kita, agar bisa telusuri informasi tersebut nantinya. Tanggapan dari masyarakat belangsung selama dua minggu," kata Fitri.

Fitri menambahkan, laporan yang disampaikan ke Bawaslu mau pun tingkat Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) kabupaten kota tidak begitu rumit prosedurnya. Hanya dengan mengisi formulir yang disediakan pihak pengawas, kemudian menyerahkan bukti, serta fotokopi kartu identitas diri pelapor.

"Kita sudah siapkan segala sesuatunya bagi masyarakat yang akan melapor. Kita harapkan masyarakat melihat dengan jeli, siapa-siapa bacaleg yang ada di dapil mereka masing-masing, berdasarkan data bacaleg yang sudah diumumkan KPU," terang Fitri.

Bagi pelapor nantinya, Fitri mengatakan identitasnya bisa dirahasiakan pihak Bawaslu mau pun Panwaslu. Sehingga pelapor tidak perlu cemas akan keamanannya karena melaporkan bacaleg yang dianggap menyalahi aturan, atau tidak memenuhi persyaratan.

"Identitas bisa kita rahasiakan nanti. Jadi tidak perlu takut melaporkan. Misalnya pelapor menyampaikan kalau bacaleg merupakan mantan narapidana yang belum lama bebas, atau menggunakan ijazah sekolah palsu, dan laporan lainnya," tambah Fitri.

Setelah mendapat laporan nantinya, pihak Bawaslu akan melakukan penelusuran dan penelitian atas laporan yang masuk. Dengan menggunakan bukti yang diserahkan pelapor, akan menjadi bahan bagi Bawaslu untuk melakukan penelusuran tentang kebenaran laporan.

"Penelusuran kita lebih fleksibel. Bisa dengan memanggil pengurus partai, mau pun turun langsung ke lapangan untuk mencari langsung kebenarannya," tutup Fitri. (R4/rls)



0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 


  • 3 Kilo Emas Toko Mas Mulia Sudirman Raib Digasak Rampok Bersenpi
  • Olahraga