Senin, 20 November 2017 - 13:24:26

Guru Berperan Penting Dalam Kehidupan

    Habibi Muthalib Hits : 9793    

Riaupos.co


TEMBILAHAN,Riauaksi.com - Seorang guru memiliki peran penting dan strategis dalam mencerdaskan kehidupan masyarakat. Dari sanalah akan lahir sumber daya manusia (SDM) yang intlektual dan berkualitas.

Hal ini dikatakan Bupati Indragiri Hilir HM Wardan saat dimintai tanggapan seputar Hari Guru Nasional (HGN) 201. Artinya keberadaan guru merupakan hal penting bagi negara manapun di dunia.

Lingkungan sekolah menjadi tempat transfer ilmu dari seorang guru kepada anak didiknya. Di sana berbagai golongan ras dan suku bangsa duduk dalam satu wadah, yang diberi nama sekolah atau sekolahan.

“Bayangkan saja seperti apa tanggung jawab guru-guru kita dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Walau berbeda suku dan ras, semua akan diperlakukan sama oleh guru,” jelas bupati.

Keberagaman itu bukan pula menjadi sekat pemisah satu dengan lainnya. Perbedaan itu akan menjadi sebuah kekayaan yang belum tentu dimiliki bangsa lain. Keberagaman itu perlu untuk disyukuri.

“Keberagaman itu harus dibarengi dengan toleransi yang tinggi dalam implementasi kehidupan sehari-hari. Setiap anak didik harus menghargai satu sama lain, meski memiliki perbedaan suku, budaya dan agama,” pesanya.

Masih seputar rasa saling menghargai sebagai wujud dari toleransi. Di sana muncul peran seorang guru. Guru memberikan pemahaman tentang semua itu. Disana pulalah muncul benih-benih persamaan yang selama ini terjalin.

“Guru-guru kita sering berpesan jangan pernah menyerah dengan keadaan. Kemuliaan nuraninya berbicara agar anak-anak tidak meninggalkan bangku pendidikan sampai kapanpun,” sebutnya.

Geografis Kabupaten Inhil, cukup berat. Di sana bisa dilihat pengorbanan para guru yang ada di daerah-daerah terpencil. Tanpa pernah menyerah ia terus memberikan ilmunya dengan harapan timbul generasi yang berkualitas.

“Di tangan seorang guru bergantung sebuah harapan besar akan lahirnya generasi terbaik bangsa. Akan lahir seorang negarawan. Akan lahir orang-orang sukses di masa mendatang,” imbuh mantan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau ini.

 

    Category : Riau    
    Tags        : #pendidikan,#Prov Riau    
    Sumber  : Riaupos.co


0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 








  Terkini  



  Most Popular  



  Teknologi  




Rilis Zenfone Anyar, Asus Janjikan Kejutan di MWC 2018

  Ekonomi Bisnis  




Harga Minyak Dunia Turun