Senin, 27 November 2017 - 06:11:43

Peran Guru Penting Bangun Karakter Anak Didik

    Anggre Dwie Hits : 8065    

***rls


PEKANBARU - Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman jadi Inspektur Upacara (Irup) pada peringatan Hari Guru Nasional (HGN). Ada pun tema pada peringatan tahun ini yakni, membangun pendidikan karakter melalui keteladanan guru.

Saat membacakan sambutan tertulis dari Menteri Pendidikan RI Muhajir Effendi, banyak menekankan pentingnya peran guru dalam membentuk karakter peserta didik untuk membentuk kepribadian yang jujur dan berakhlak.

"Tema Hari Guru kali ini adalah "Membangun Pendidikan Karakter melalui Keteladanan Guru". Tema ini erat kaitannya dengan implementasi Peraturan Presiden nomor 87 tahun 2017 tentang penguatan pendidikan berkarakter," kata Gubri saat membacakan sambutan menteri, Sabtu (25/11/17).

Sesuai dengan peraturan Presiden,  mengamanatkan bahwa guru sebagai sosok utama dalam satuan pendidikan. Mereka memiliki tanggung jawab membentuk karakter peserta didik melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga. 

Disamping itu, guru dan tenaga kependidikan juga harus mampu mengelola kerjasama antara satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat untuk mengobarkan gerakan nasional revolusi mental. 

Urgensi penguatan karakter ini semakin mendesak, seiring dengan tantangan berat yang kita hadapi di masa-masa yang akan datang. Peserta didik saat ini adalah calon generasi emas Indonesia 2045 yang harus memiliki bekal jiwa Pancasila yang baik guna menghadapi dinamika pembahan yang sangat cepat dan tidak terduga. 

"Karena itulah kita mendukung guru-guru kita untuk terus bekerja keras mewujudkan generasi penerus yang cerdas dan beraklak mulia. Untuk itu guru harus dapat berperan sebagai "the significant other" bagi peserta didik. Guru harus menjadi sumber keteladanan," papar Gubri.

Selain itu diharapkan juga melalui momentum Hari Guru Nasional ini, hendaknya dijadikan sebagai refleksi apakah guru-guru sudah cukup profesional dan menjadi teladan bagi peserta didiknya. Kemudian apakah sudah cukup memuliakan guru-guru yang telah berjuang untuk mendidik dan membentuk karakter.

Sehingga menjadi pribadi tangguh dan berhasil. Sebab, tak ada seorang pun yang sukses tanpa melalui sentuhan Guru. Jadi apapun kita saat ini, Guru-Guru pasti ikut mewarnai bahkan bisa jadi merupakan salah faktor penentu keberhasilan kita. 

Bagi pemerintah sendiri, Peringatan Hari Guru juga menjadi titik evaluasi yang strategis bagi pengambilan kebijakan. Bagaimana pun harus diakui bahwa masih banyak persoalan Guru yang belum sepenuhnya teratasi. Kebijakan-kebijakan yang sedang dan akan terus dilaksanakan adalah menjadikan Guru lebih kompeten, profesional, terlindungi dan pada gilirannnya lebih sejahtera, mulia dan bermartabat. 

Pemberian tunjangan profesi bagi Guru yang telah tersertifikasi, serta tunjangan khusus bagi Guru yang mengabdi di daerah khusus akan terus menjadi perhatian. Demikian pula Guru-Guru yang memiliki keahlian ganda untuk memenuhi kebutuhan pendidikan kejuruan akan terus ditingkatkan bersamaan dengan program-program Guru Garis Depan untuk mencapai pemerataan pendidikan yang berkualltas. 

Namun demikian, perlu disadari bersama bahwa secara konstitusional mendldlk adalah tanggung jawab negara,. Tetapi secara moral merupakan tanggung Jawab bersama. Upaya pemerintah pusat tentu memiliki keterbatasan. Perhatian pemerintah daerah yang memberi tunjangan tambahan dan membuat terobosan kebijakan yang inovatif kepada para Guru tentu sangat kita hargai. Namun problema guru di setiap daerah berbeda-beda, melalui kebijakan pemerintah daerah Alhamdulillah banyak hal bisa diatasi.


    Category : Riau    
    Tags        : #advertorial    
    Sumber  : ***rls


0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 








  Terkini  



  Most Popular  



  Teknologi  




Harbolnas, e-Commerce Pasang Target Transaksi Berkali Lipat

  Ekonomi Bisnis  




Kemenkeu Evaluasi Rencana Pemberian Rp 1,4 Miliar per Desa