Selasa, 05 Desember 2017 - 10:40:54

Kampung Berseri Astra Indah Madani Gelar Sosialisasi PHBS

    Habibi Muthalib Hits : 5377    

Riaupos.co


RPEKANBARU,Riauksi.com  - Kampung Berseri Astra Indah Madani (KBAIM) Kelurahan Tangkerang Labuai, Kecamatan Bukitraya, menggelar sosialisasi Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Acara yang digelar di MDA Masjid Tsamaratul Iman, Jalan Pala RW 4,  Senin (4/12), dihadiri langsung oleh Koordinator Wilayah Astra Group Pekanbaru Ipung Tripurnomo, Kepala Puskesmas Harapan Raya Dr Indawati, Kepala Puskesmas Sapta Taruna Dr Reza, Ketua Kader Posyandu Elis, Kepala MDA Tsamaratul Iman Sarifah Nasution, Ketua Harian Pengurus Masjid Tsamaratul Iman H Brenhardi, serta Humas KBAIM RW 04, Mirshal.

Kepala Puskesmas Harapan Raya, Dr Indawati menuturkan, sosialisasi pola hidup bersih dan sehat ini bertujuan mengajak serta mendorong masyarakat Kampung Berseri Astra Indah Madani ini untuk melaksanakan gerakan tersebut. Bukan hanya baik untuk kesehatan, tapi  juga lingkungan masyarakat sekitar.

Namun, program sosialisasi ini  bertujuan, agar masyarakat di KBAIM memotivasi masyarakat di luar KBAIM untuk  mengikuti langkah yang sama sehingga masyarakat Kota Pekanbaru dapat selalu sehat.

Bahkan, warga dikenalkan langsung dengan sepuluh indikator prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) seperti, pertama, persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan,  memberi bayi ASI Eksklusif,  menimbang balita setiap bulan, menggunakan air bersih,  mencuci tangan dengan air bersih dan sabun, menggunakan jamban sehat, memberantas jentik di rumah,  makan sayur dan buah setiap hari, melakukan aktifitas fisik setiap hari, dan yang terakhir tidak merokok di dalam rumah.

 “Kita harapkan semua indikator yang telah kita terangkan tadi bisa dilaksanakan di setiap rumah warga, agar prilaku hidup bersih dan sehat benar-benar memberikan dampak positif bagi masyarakat,”terang Indawati.

Koordinator Wilayah Astra Group Pekanbaru Ipung Tripurnomo, mengatakan, kegiatan ini sengaja digelar untuk menambah ilmu pengetahuan masyarakat khususnya di KBAIM yang memang menjadi contoh untuk masyarakat Pekanbaru lainnya. ”Jika satu kawasan ini benar-benar bisa menerapkan prilaku hidup bersih dan juga sehat, otomatis warga yang lain juga akan ikut melaksanakan hal yang serupa, sehingga masyarakat Kota Pekanbaru menjadi sehat semua,” ucap Ipung.

Ipung berharap, dengan adanya penyuluhan yang dilakukan kedepannya,  Kampung Berseri Astra Indah Madani dapat menerapkan dan menularkan pola prilaku hidup sehat ini kepada seluruh familinya. Tak hanya masyarakat Kota Pekanbaru saja yang dapat hidup sehat, namun semua masyarakat Riau khususnya.

Mirshal atau yang lebih dikenal Achenk, selaku Humas KBAIM RW 4 menjelaskan, pihaknya sangat berterima kasih atas penyuluhan yang dilakukan oleh praktisi dan tenaga penyuluhan . Hal ini dapat membantu masyarakat yang berada di dalam KBAIM dalam pelaksanaan kehidupan sehari-hari.

 “Kita akan mencoba menerapkan pola PHBS yang telah dipaparkan, selain juga untuk kepentingan kesehatan keluarga.  Kita akan mencoba mensosialisasikan kepada sanak family kita yang berkunjung diKBAIM ini,” jelas Mirshal.


    Category : Riau    
    Tags        : #pekanbaru,#Prov Riau    
    Sumber  : Riaupos.co


0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 








  Terkini  



  Most Popular  



  Teknologi  




Instagram Uji Fitur Direct Sebagai Aplikasi Mandiri

  Ekonomi Bisnis  




BCA Gandeng AirAsia Tangkap Potensi Transaksi Leisure