Rabu, 13 Desember 2017 - 21:07:54

Bitcoin Klaim Terdaftar Resmi dan Bayar Pajak di RI

    Anggre Dwie Hits : 14017    

Cnnindonesia.com


Jakarta, RIAUAKSI.COM -- PT Bitcoin Indonesia, perusahaan perdagangan mata uang virtual (crypthocurrency) jenis bitcoin berbasis rupiah memastikan bahwa pihaknya telah melakukan kewajibannya pembayaran pajak. Perusahaan tersebut pun mengaku terdaftar resmi di Indonesia, meski bisnisnya ditentang Bank Indonesia (BI) karena tak dianggap sebagai alat pembayaran yang sah.

CEO Bitcoin Indonesia Oscar Darmawan mengatakan, pembayaran pajak perusahaan yang berupa Pajak Penghasilan (PPh) badan telah dilakukan sejak perusahaan berdiri pada 2014 silam.

"Seperti halnya kebanyakan PT di Indonesia, tentu harus bayar pajak dan kami bangga bahwa kami adalah salah satu perusahaan yang telah membayarkan pajaknya," ujar Oscar dalam sebuah diskusi di kawasan Harmoni, Rabu (13/12).

Kendati begitu, perusahaan tak bisa memastikan, bagaimana kewajiban pembayaran pajak dari para pelaku perdagangan (traders). Sebab, perhitungan dan kontrol pajak dari keuntungan yang didapat masing-masing trader, sepenuhnya merupakan kewajiban masing-masing. 

Namun, Oscar bilang, pihak Bitcoin Indonesia memang menyarankan agar para trader tak lupa menyertakan pendapatannya dari perdagangan bitcoin dalam Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan yang kemudian dilaporkan ke Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (DJP Kemenkeu).

"Soal pajak orang yang melakukan trading bitcoin, saya sangat menyarankan agar mereka yang mendapat keuntungan dalam kegiatan trading ini, itu dimasukkan saja keuntungannya ke SPT. Untungnya berapa masing-masing, lalu dimasukkan ke SPT masing-masing," jelasnya. 

Belakangan ini, perdagangan bitcoin di Indonesia tengah menjadi perbincangan lantaran harganya yang cukup fluktuatif. BI sebagai regulator sistem pembayaran mengimbau masyarakat tak melakukan pembayaran dengan bitcoin. Pasalnya, alat pembayaran yang sah di dalam negeri hanyalah rupiah.


    Category : Ekonomi Bisnis    
    Tags        :    
    Sumber  : Cnnindonesia.com


0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 








  Terkini  



  Most Popular  



  Teknologi  




Benarkah iPhone SE 2 akan Rilis?

  Ekonomi Bisnis  




Kemenkeu Jualan Sukuk Ritel SR 010, Imbal Hasil 5,9 Persen