Senin, 18 Desember 2017 - 15:25:55

Wawako Dumai Buka Rakor Penanggulangan Kemiskinan

    Habibi Muthalib Hits : 7681    

mediacenter.riau.go.id


DUMAI,Riauaksi.com  - Wakil Walikota Dumai Eko Suharjo membuka rapat koordinasi penanggulangan kemiskinan mengupas permasalahan dan solusi yang harus dilakukan untuk mengentaskannya, Senin.

Menurutnya, berbagai upaya telah dilakukan pemerintah untuk mengentaskan atau mengurangi angka kemiskinan, dan upaya secara langsung membantu mereka untuk hidup layak, baik dari sisi pendapatan maupun akses terhadap berbagai pelayanan dasar.

"Rapat koordinasi ini penting untuk membicarakan dan mengevaluasi pelaksanaan berbagai program pembangunan kemiskinan, dan pemerintah telah melakukan program penanggulangan kemiskinan," kata Eko.

Dilanjutkan, peningkatan kualitas SDM keluarga miskin juga sangat diperlukan agar dapat memutus rantai kemiskinan yang biasanya diturunkan antar generasi pada keluarga miskin tersebut.

Dari sisi produksi, diupayakan agar kelompok pendapatan rendah dapat berpartisipasi dalam kegiatan produktif.

Berbagai program peningkatan keterampilan, dan penyediaan seperti penyediaan modal, infrastruktur dasar, dan fasilitas untuk mendukung perkembangan usaha mereka yang masih berskala mikro, dengan demikian lambat laun akan dapat meningkatkan skala usahanya.

Sekitar 5,26 persen dengan jumlah penduduk miskin lebih kurang 14.970 jiwa dengan garis kemiskinan sebesar Rp. 353,079 berkapita perbulan. Pada tahun 2016, persentase kemiskinan Kota Dumai menurun menjadi 4,74 persen dengan jumlah penduduk miskin lebih kurang 13.760 jiwa dengan garis kemiskinan sebesar RP 369.624 berkapita perbulan

Upaya pengentasan kemiskinan berjalan secara sinergis dan berkelanjutan harus dilakukan melalui dua sisi secara terpadu yaitu dari sisi penghidupan masyarakat miskin maupun sisi produksinya.

Dari sisi penghidupan, terutama bagi masyarakat yang miskin kronis atau sulit keluar dari kemiskinan, diperlukan upaya program rumah layak merupakan upaya-upaya yang dilaksanakan untuk mensejahterakan masyarakat.

"Adapun segala upaya ini dapat terlaksana dengan dukungan dan partisipasi antar berbagai pihak yang berkomitmen untuk terus bekerjasama membangun kota Dumai.

Tingkat kemiskinan mencerminkan adanya penduduk yang belum mampu memenuhi kebutuhan hidup minimal.  dan telah diupayakan, diantaranya adalah program bantuan sosial, antara lain beras sejahtera /bantuan pangan non tunai, program keluarga harapan, program indonesia sehat, program indonesia pintar,” jelasnya.


    Category : Riau    
    Tags        : #dumai,#Prov Riau    
    Sumber  : mediacenter.riau.go.id


0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 








  Terkini  



  Most Popular  



  Teknologi  




Rilis Zenfone Anyar, Asus Janjikan Kejutan di MWC 2018

  Ekonomi Bisnis  




Harga Minyak Dunia Turun