• Jumat, 06 Desember 2019 | 10:17 WIB
logo

Warga Resah, Kabut Asap Selimuti Kota Siak

Rabu, 31 Juli 2019 | 18:55 WIB siak
Kabut asap terlihat di Siak

Riauaksi.com -  Dampak kebakaran lahan dan hutan (karlahut) yang terjadi dibeberapa wilayah di Provinsi Riau, kini mulai terasa oleh warga Kabupaten Siak.

Terlihat banyak warga mulai mengenakan masker saat beraktifitas di Kota Istana Matahari Timur, Rabu 31 Juli 2019.

Seperti dikatakan Lina, warga Kampung Rempak yang merasa udara di Siak mulai tidak baik. Selama dua hari ini, setiap pagi terlihat asap tipis di sekitaran sungai Siak.

"Dua hari ini, setiap pagi mulai terasa kehadiran asap di sini mas, selain berbau, mata juga perih kalau kita bawa motor, lihat aja ke arah sungai mas, pasti terlihat asapnya," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Siak, Safrijal memaparkan, kondisi titik api sudah padam dan sedang dalam proses pendinginan.

"Titik api di Kabupaten Siak saat ini ada dua, yakni daerah Sri Gemilang dan Dayun. Alhamdulillah laporan terakhir sudah padam semua, namun masih dilakukan proses pendinginan," paparnya.

Dalam pemadaman karlahut ini, BPBD Siak dibantu oleh manggala agni, TNI-Polri dan perusahaan swasta yang tergabung dalam Tim Darat Gabungan.

"Untuk pemadaman jalur darat seperti Sri Gemilang itu, kita membentuk regu yang tergabung dalam tim darat gabungan, dan untuk wilayah Dayun, kita dibantu oleh Satgas Udara dari Provinsi Riau yang melakukan water bommbing," pungkasnya.

Top