PELALAWAN,Riauaksi.com - Dermatitis dan Inspeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), adalah penyakit yang mendominasi warga Pelalawan yang terdampak banjir. Dimana saat ini, banjir mulai surut.

Selain dua penyakit itu, berbagai penyakit lainnya juga terpantau. Misalnya, diare, hypertensi, febris dan penyakit lainnya.

"Iya, itu laporan dari posko-posko Kesehatan kita di seluruh lokasi yang terdampak banjir," kata Kepala Dinas Kesehatan Pelalawan dr. Endid R Pratikno, melalui Sekretaris Diskes Pelalawan Asril, M.Kes, kepada Riau24.com, Senin (25/12/2018) kemarin.

Dari 22 desa dan kelurahan di 8 kecamatan yang terdampak banjir di Kabupaten Pelalawan kata Asril, setidaknya ada 93 warga yang terserang dermatitis.

"Dan ISPA ada 88 warga kita yang terserang. Dua penyakit ini paling banyak diderita warga, diantara berbagai penyakit lainnya," tambah Asril.

Asril mengimbau, seluruh warga yang terdampak banjir di Pelalawan untuk selalu waspada dan hati-hati, dalam beraktivitas.

"Pasca banjir ini, biasanya penyakit banyak diderita warga. Karena genangan air dan bekas genangan air bisa jadi tempat sumber kuman dan bakteri. Jadi harus waspada dan hati-hati,"

SUMBER : riau24.com