PEKANBARU, Riauaksi.com - DPRD Kota Pekanbaru mendukung program Bank Sampah yang saat ini terus digalakkan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru.


Bahkan dewan berharap program yang sudah berjalan di sekolah-sekolah ini bisa juga diterapkan di setiap dinas, kantor camat dan lurah, bahkan di setiap RW yang ada di Kota Pekanbaru.

"Tentu harapan kita program ini bisa meminimalisir tumpukan sampah yang ada di Kota Pekanbaru. Selain itu sampah juga ada yang bisa dimanfaatkan atau didaur ulang sehingga memiliki nilai ekonomis," ujar Anggota DPRD Kota Pekanbaru, Ali Suseno.

Ia mengatakan, Bank Sampah ini tujuannya baik, selain untuk membantu menangani pengolahan sampah, juga untuk menyadarkan masyarakat akan lingkungan yang sehat, rapi, dan bersih.

"Bank sampah juga didirikan untuk mengubah sampah menjadi sesuatu yang lebih berguna dalam masyarakat, misalnya untuk kerajinan dan pupuk," cakapnya.

Politisi Hanura ini berharap, masyarakat mendukung penuh program positif tersebut, dan tentunya didukung oleh instansi terkait dalam membimbing masyarakat dalam pengelolaan sampah yang baik dan memiliki daya jual.

"Apalagi dengan masalah sampah, yang selalu menjadi trending topik di tengah masyarakat, kehadiran bank sampah ini bisa menjadi solusinya. Meski sudah lama digaungkan, namun belum berjalan maksimal, maka ke depannya, harapan kita program ini bisa semakin dimaksimalkan," pungkasnya.

SUMBER : cakaplah.com