Riauaksi.com - Pasca adanya dua laporan keberatan hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Bengkalis akhirnya diproses pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Bengkalis.

Dua laporan keberatan tersebut diantaranya laporan keberatan dari Desa Kelapapati Bengkalis dan Desa Pangkalan Nyirih Rupat, Kabupaten Bengkalis.

Kepala DPMPD Bengkalis Yuhelmi menyampaikan, dua laporan keberatan yang diterima ini setelah melakukan pembahasan DPMD dengan kelompok kerja yang dibentuk untuk penyelesaian sengketa Pilkades. Ternyata, dalam masalah tersebut hanya satu yang dikabulkan keberatannya.

"Laporan keberatan yang di kabulkan tersebut yakni laporan keberatan dari Desa Pangkalan Nyirih Rupat," ungkap Yuhelmi, Rabu 5 Desember 2018.

Sementara, satu lagi yang ditolak karena hasil pembahasan dan fakta dilapangan hasil laporan yang mereka sampaikan tidak sesuai faktanya. Sehingga tidak bisa ditindaklanjuti, yaitu laporan keberatan dari desa Kelapapati kecamatan Bengkalis. Dimana pada laporan keberatan desa Kelapapati tersebut terkait adanya dugaan politik uang dan juga rangkap jabatan ketua KPPS diduga sebagai tim sukses salah satu calon.

Selain itu, Keberatan yang diterima di Pangkalan Nyirih ini terkait jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di salah satu TPS tidak sesuai dengan data yang dimiliki salah satu pasangan calon. Hasil pembahasan kelompok kerja yang dibentuk DPMPD benar tidak sesuai, sehingga keberatan diterima.

"Dengan diterimanya keberatan tersebut, salah satu TPS Desa Pangkalan Nyirih ini kita lakukan pemilihan ulang, yakni di TPS 5 Desa Pangkalan Nyirih. Pemilihan ulang tersebut dilakukan semalam,"ungkap Yuhelmi.

Lanjutnya, dari hasil pemelihan ulang itu, akan dikirimkan ke DPMD Bengkalis pada tanggal 6 Desember ini. Kemudian sesuai dengan hasil ini dalam waktu dekat akan dilakukan pelantikan serentak.

"Pelantikan nanti akan kita lakukan perayon, untuk kecamatan Bantan dan Bengkalis nanti akan dilaksanakan di lapangan tugu Bengkalis. Kemudian untuk kecamatan Bukit Batu, Siak Kecil dan Bandar Laksamana akan dilakukan pelantikan kepala desa terpilihnya di kantor camat Bukit Batu,"ujarnya.

Sedangkan, untuk rayon Kecamatan Rupat dan Rupat Utara akan dilaksanakan pelantikan Kades terpilihnya di Batu Panjang tepatnya di Kantor Camat Rupat. Sementara rayon terakhir untuk kecamatan Pinggir, Bathin Solapan dan Tualang Mandau dilaksanakan di Pinggir.

SUMBER : riau24.com