HKN ke-54, Dinkes Bengkalis Motivasi Warga Agar Hidup Sehat

BENGKALIS, Riauaksi.com - Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 diperinhati setiap 12 November 2018. Momentum ini benar-benar dimanfaatkan Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar senantiasa berpola hidup sehat.

Hal itu selaras dengan tema HKN ke-54 "Aku Cinta Sehat" dan subtema "Ayo Hidup Sehat, Mulai dari Diri Kita". Tema tersebut juga sejalan dengan Program Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga dimana keluarga menjadi awal untuk mendorong masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat. 

Guna mendorong itu, berbagai kegiatan disiapkan Dinas Kesehatan guna memotivasi masyarakat. Tentunya, kegiatan berkaitan langsung dengan kesehatan.

Diantaranya, Jalan Santai, Senam Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) bersama masyarakat umum, kemudian dilaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat, pemeriksaan kesehatan gratis (kolesterol, gula darah, asam urat dan hypertensi), pemeriksaan deteksi dini kanker leher rahim (IVA Test), Imunisasi Measles Rubella, pemeriksaan gigi, dan pengobatan gratis. 

Kemudian ada juga family gathering, zumba kids, fashion show, senam CTPS dan lomba melukis. Seluruh kegiatan dipusatkan di halaman kantor Dinas Kesehatan Jalan Pertanian, Ahad (12/11/2018).

Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkalis Bustami HY didampingi Plt Kepala Dinas Kesehatan Supardi ikut berbaur bersama ribuan masyarakat dalam sejumlah kegiatan, seperti jalan santai dan senam Germas.

Menurut Bustami, pola hidup sehat mulai dari diri sendiri merupakan hal penting. Untuk itu, melalui HKN Dinas Kesehatan diminta mampu menuntun masyarakat berpola hidup sehat, tentunya dari sendiri, keluarga dan lingkungan sekitar. 

"Ayo hidup sehat mulai dari kita, tema ini tentunya akan menuntun masyarakat kita mengubah kehidupan yang kemulatif menjadi preventive dan promotif. Merubah gaya hidup sehat dimulai dari diri sendiri,"

Slogan “Ayo Hidup Sehat, Mulai Dari Kita” diharapkan dapat dijalankan oleh seluruh lapisan masyarakat dan efeknya dapat mengubah wajah kesehatan di Indonesia.

Saat ini, sambungnya, Indonesia masih menghadapi tantangan permasalahan kesehatan, diantaranya masih tingginya angka kematian ibu, tingginya angka kurang gizi, penyakit menular dan tidak menular.

"Untuk itu saya ingatkan pada kepala dinas dan kepala Puskesmas agar mengerahkan seluruh potensi yang dimiliki dalam rangka menyelesaikan permasalahan kesehatan di daerah masing-masing,” 
Pengobatan Gratis

Ratusan warga Kota Bengkalis dan sekitarnya menikmati kegiatan pengabdian masyarakat berupa pengobatan dan cek kesehatan gratis. Kegiatan HKN ke-54 ini diserbu warga usai mengikuti Jalan Santai dan senam Germas.

Tidak hanya orang dewasa, anak-anak yang hadir juga memanfaatkan momentum HKN untuk memeriksa kesehatan. 

Aisyah, salah seorang warga Bengkalis yang menikmati cek kesehatan gratis merasakan kemeriahan HKN. "Alhamdulillah, ikut jalan santai dapat, senam dapat, cek kesehatan pun dapat," ucapnya. 

Menurut warga Damon ini, pelayanan tenaga kesehatan dikegiatan itu sangat baik kendati lokasi dipadati ratusan warga. "Disini kita juga tahu, baiknya pelayanan kesehatan. Dokter dan tenaga medisnya ramah walau ramai orang. Biasakan jumpa dokter itu di ruangan, ini ditempat terbuka," 

Kegiatan pengabdian masyarakat, pengobatan dan cek gratis didominasi pemeriksaan Penyakit Tidak Menular (PTM) meliputi kolesterol, asam urat, gula darah, hypertensi sebanyak 167 orang, pemeriksaan gigi sebanyak 25 orang.

Kemudian, pemeriksaan IVA Test (Deteksi Dini Kanker Leher Rahim) sebanyak 77 orang, dan Pemberian Imunisasi Measles Rubella (MR) sebanyak 13 orang anak-anak.

UPT Puskesmas, organisasi profesi seperti Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI), praktisi kesehatan Kenko No Kai terlibat pada kegiatan tersebut. 

Plt Kepala Dinkes Kabupaten Bengkalis Supardi SSos MH berharap, dengan momentum HKN tahun ini, menambah motivasi masyarakat untuk meningkatkan gaya hidup sehat dimulai dari diri sendiri.

"Mudah-mudahan dengan kegiatan pengabdian kepada masyarakat tersebut bermanfaat bagi warga yang memerlukannya," 

Perdana Gelar Kumpul Keluarga

Keluarga besar Aparatur Sipil Negara (ASN), maupun honorer di lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis untuk pertama kali menggelar family gathering atau berkumpul keluarga.

Kumpul keluarga yang diselenggarakan ini, sebagai salah satu kegiatan untuk memeriahkan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54. 

Kegiatan ini diisi dengan berbagai perlombaan diantaranya untuk anak-anak ASN maupun tenaga honorer dan ada juga khusus untuk suami istri.

Heboh, meriah serta penuh dengan suasana kekeluargaan, pelaksanaan berlangsung selama mulai sekitar pukul 13.30 WIB hingga pukul 17.00 WIB. 

“Dan ini pertama kali digelar diikuti pegawai maupun honorer gabungan dari UPT. Puskesmas dan dari Dinkes,” u
Adapun kegiatan yang diselenggarakan dalam family gathering tersebut antara lain, lomba mewarnai anak-anak, lomba makan kerupuk untuk anak TK dan SD, lomba memasukkan paku dalam botol, lomba lari bola di atas sendok dan balon untuk pasangan suami istri.

Seluruh peserta yang ikut dalam kegiatan ini jika dikalkulasikan dengan jumlah ASN maupun honorer, ditambahkan Supardi, 97 orang ditambah UPT Puskesmas Bengkalis, Bantan, Pematang Duku dan Teluk Pambang termasuk unit-unit dibawahnya Poskesdas maupun Polindes.

Terima Penghargaan

Momentum HKN ke-54 menjadi kebanggaan tersendiri bagi tenaga kesehatan dan Puskesmas. Dihari itu, sejumlah tenaga kesehatan dan Puskesmas memperoleh penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Bengkalis

Penghargaan sebagai tolak ukur layanan yang diberikan kepada masyarakat. Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkalis H Bustami HY didampingi Plt Kepala Dinas Kesehatan Supardi menyerahkan langsung penghargaan, Senin (12/11/2018) usai upel HKN ke 54 di halaman Kantor Bupati Bengkalis.

Adapun penghargaan yang diberikan yakni, tenaga kesehatan teladan Kabupaten Bengkalis tahun 2018 yakni dr Dian Putri Madanisti dengan kategori Medis di UPT Puskesmas Lubuk Muda Kecamatan Siak Kecil, Dedes Susila, Paramedis di UPT Puskesmas Teluk Lecah, NS Suharsanto kategori Paramedis di UPT Puskesmas Teluk Pambang.

Selanjutnya, Magdalena T Sitorus kategori Kesling di UPT Puskesmas Duri Kota dan Sri Sudarmi kategori Ahli Teknologi Laboratorium Medik di UPT Puskesmas Lubuk Muda.

Untuk pemenang lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di rumah tangga tingkat Kabupaten Bengkalis tahun 2018, Pemenang I Desa Resam Lapis, Pemenang II Desa Bathin Betuah Kecamatan Mandau, dan Pemenang III Desa Buruk Bakul Kecamatan Bukitbatu.

Kemudian UPT Puskesmas dengan persentase capaian deteksi dini kanker serviks dan payudara 40 persen tahun 2018 yakni UPT Puskesmas Lubuk Muda dengan jumlah sasaran Perempuan usia 30-50 tahun sebanyak 612, Jumlah capaian 620 dan persentase 101,3 persen.

Selanjutnya UPT Puskesmas dengan persentase capaian imunisasi Measles Rubella (MR) di atas 95% fase II tahun 2018 yakni UPT Puskesmas Muara Basung, dengan jumlah sasaran umur 9 bulan s/d 
Serta, UPT Puskesmas dengan persentase capaian Entry PIS-PK terbanyak dan tercepat tahun 2018 yakni UPT Puskesmas Sadar Jaya Kecamatan Sial Kecil dengan jumlah data yang di entri 2.907 KK dengan persentase 100%.

SUMBER : cakaplah.com