Jakarta - Suka penasaran apakah chat yang kamu tulis di grup WhatsAppsudah sampai dan dibaca semua anggota? Buat yang belum tahu, ada cara sederhana mengeceknya.

Cara yang perlu dilakukan sama sekali tidak sulit. Saking sederhananya, boleh jadi pula sudah banyak pengguna WhatsApp yang tahu. Nah, buat yang belum tahu simak caranya berikut ini.




Seperti dilansir dari laman web situs resmi WhatsApp, dua tanda centang (abu-abu) akan ditampilkan ketika semua peserta di dalam grup telah menerima pesanmu. Sedangkan saat semua sudah membaca pesanmu, yang muncul adalah dua tanda centang biru.


Untuk melihat secara lebih rinci kapan chatmu itu sudah sampai dan dibaca oleh anggota di grup WhatsApp, ada bagian yang namanya "Message Info/Info Pesan" -- persis sebagaimana fungsinya yakni untuk memberikan informasi.

Untuk masuk ke bagian layar "Info" tersebut, yang kamu perlu lakukan hanyalah:

- Buka layar percakapan grup.
- Ketuk dan tahan chat yang telah kamu kirim di aplikasi Whatsapp pada ponsel dengan layar sentuh; atau klik di pojok atas bagian chatmu tersebut di WhatsApp Web.

- Hal itu akan memunculkan opsi "Info" atau "Message Info/Info Pesan" yang bisa kamu pilih.

Layar Info Pesan kemudian akan menampilkan informasi sebagai berikut:

- Diterima/Delivered to ketika media yang Anda kirimkan sudah diterima oleh perangkat penerima, tetapi penerima pesan belum melihat media tersebut. Tandanya adalah dua centang abu-abu.


- Dibaca/Read by atau Dilihat/Seen by ketika penerima pesan sudah membaca chat atau melihat gambar, file audio, atau video yang kamu kirimkan. Untuk Pesan Suara, hal ini berarti penerima sudah melihat tetapi belum mendengarkan Pesan Suara yang kamu kirim.

Nah, bagaimana jika ada anggota grupmu yang mematikan "Laporan Dibaca" pada setelan privasi akun WhatsApp-nya? Hal ini kan biasanya membuat chat japri dengan temanmu itu tidak bakal memperlihatkan centang biru.

Menariknya, WhatsApp menyebut bahwa pengaturan privasi macam itu "tidak akan menonaktifkan laporan dibaca untuk chat grup maupun laporan diputar untuk pesan suara. Tidak ada cara untuk mematikan setelan ini."

SUMBER : cakaplah.com