Inilah Pegunungan Cantik yang Membentang dan Melintasi 8 Negara Eropa Sekaligus

Samoens,Riauaksi.com - Traveler pernah mendengar nama Pegunungan Alpen? Inilah pegunungan cantik yang membentang dan melintasi 8 negara Eropa sekaligus.
Kalau ada pegunungan paling terkenal di benua Eropa, pasti itu adalah Pegunungan Alpen. Alpen, atau lebih dikenal dengan nama Alps saja, merupakan serangkaian pegunungan yang membentang dari barat ke timur benua Eropa.

Rangkaian Pegunungan Alps dimulai dari negara Prancis, Swiss, Italia, Monako, Liechtenstein, Austria, Jerman, hingga ke negara Slovenia. Panjangnya kira-kira membentang sejauh 1.200 Kilometer.

detikTravel beruntung bisa menikmati kecantikan Alps atas undangan Club Med dan HIS Travel pada awal April lalu. Selama kurang lebih 5 hari, detikTravel diajak main ski menyusuri lereng-lereng Pegunungan Alps yang bersalju.

detikTravel mengunjungi 2 kota sekaligus, yaitu Valmorel dan Samoens. Keduanya terletak di negara Prancis. Di 2 kota ini, ada resort ski Club Med Valmorel dan juga Club Med Grand Massif Samoens.

Di kedua kota ini pula, traveler bisa menikmati rangkaian Pegunungan Alps karena telah dibangun aneka fasilitas penunjang buat main ski. Dari kejauhan, Pegunungan Alps sudah terlihat mengagumkan. Kokoh, tapi anggun.

Di awal bulan April, salju putih masih menyelimuti bagian puncaknya. Tapi beberapa pekan berikutnya, bisa dipastikan salju ini akan mencair, berganti dengan pemandangan hijau sejauh mata memandang.Sebagai orang Indonesia, melihat salju untuk pertama kalinya di Alps rasanya begitu menakjubkan. Bak anak kecil yang punya mainan baru, seperti itu rasa senangnya. Memegang salju, duduk di atasnya, meski dingin terasa, tapi tetap bikin bahagia. Akhirnya, bisa juga melihat dan memegang salju!

Bagi turis, Alps adalah keajaiban. Tapi bagi warga lokal, Alpen adalah sahabat, kampung halaman, serta nadi kehidupan mereka. Berkat Alpen, ratusan ribu turis datang ke kota mereka setiap tahunnya.

Datangnya turis tentu saja menggerakkan roda perekonomian warga setempat. Warga bisa menjalani karier sebagai instruktur ski, membuka tempat persewaan alat-alat ski, berdagang souvenir, sampai menyewakan tempat tinggalnya jadi homestay.

Belum lagi ketika pemodal masuk dan membangun resort ski. Semua lini ekonomi akan bergerak. Semuanya berkat Alpen.Tak hanya ski, Alpen juga menjadi tanah impian bagi para pendaki gunung yang haus akan tantangan. Sekarang siapa pendaki yang tidak kenal dengan Mont Blanc (4.808 mdpl), atau Matterhorn (4.478 mdpl). 2 Gunung ini memang paling menantang untuk ditaklukkan di Alps.

Di sisi lain, Alpen tetaplah bagian dari semesta yang menyimpan misteri sendiri. Di balik diamnya, ada rahasia yang disimpan Alpen dan tidak kita ketahui.

Akhir kata, setidaknya sekali seumur hidup, traveler layak untuk berkunjung dan menikmati keanggunan Alpen, si cantik putih dari Eropa.

SUMBER : liputan6.com